IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERMEDIAKAN ALGEBRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMA N 1 KARANG BARU

Sulastri (2022), IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) BERMEDIAKAN ALGEBRATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMA N 1 KARANG BARU . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Keaktifan siswa adalah kegiatan siswa yang melibatkan fisik dan mental secara aktif dalam pembelajaran. Keaktifan siswa sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar karena dapat menentukan keberhasilan peserta didik dalam belajar. Siswa diharapkan aktif dalam belajar matematika karena dapat berdampak pada ingatan dan hasil belajar siswa tentang materi yang telah diajarkan. Keterlibatan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dapat tertampung dalam ingatan peserta didik. Dengan rendahnya hasil belajar dan keakfitan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika di sekolah, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, Salah satu strategi pembelajaran aktif yang dapat membuat siswa aktif adalah student facilitator and explaining (SFE) pada materi matriks untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) dengan aplikasi algebrator pada kelas XI Mia 3 di SMA Negeri 1 Karang Baru dan untuk menganalisis tentang keaktifan belajar siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) dengan aplikasi algebrator pada kelas XI Mia 3 di SMA N 1 Karang Baru.


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas XI Mia 3 SMA N 1 Karang Baru yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test.


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan t hitung = 9,87 > t tabel(0,05;21) = 2,048 sehingga  ditolak dan  diterima artinya pada taraf signifikan 5% bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diimplementasikan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) dengan aplikasi algebrator pada kelas XI Mia 3 di SMA N 1 Karang Baru dan Rata-rata hasil observasi keaktifan belajar siswa adalah 72 %. Dengan tingkat presentase keaktifan 61 ≤ P < 80 maka keaktifan belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan aplikasi algebrator pada kelas XI Mia 3 di SMA N 1 Karang Baru termasuk dengan berkualitas.


Saran yang diajukan yaitu Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa pada materi matriks.


 


 


 

Kata kunci : Student Facilitator and Explaining (SFE), Hasil belajar siswa, Keaktifan belajar siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sulastri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2022)
Tanggal disimpan : 07-09-2022 16:46
Terakhir diubah : 09-01-2023 15:03
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3252
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!