EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MIMBA (AZADIRACHTA INDICA) TERHADAP INFEKSI BAKTERI VIBRIO ALGINOLYTICUS PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI)

Wildayani (2023), EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN MIMBA (AZADIRACHTA INDICA) TERHADAP INFEKSI BAKTERI VIBRIO ALGINOLYTICUS PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penyakit merupakan kendala utama dalam usaha pengembangan budidaya. Salah satu penyakit yang sering menyerang udang yaitu bakteri Vibrio. Selama ini pencegahan terhadap serangan bakteri dilakukan dengan pemberian antibiotik dan bahan kimia. Penggunaan antibiotik secara berkelanjutan dapat menimbulkan resistensi bakteri terhadap obat-obatan tersebut dan dapat menimbulkan toksik yang bersifat residu bagi tubuh konsumen. Dalam rangka menghasilkan produk non-toksik,perlu dilakukan penggunaan bahan-bahan alami. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa efektivitas ekstrak daun mimba dalam mengobati infeksi bakteri vibrio alginolyticus pada udang vannamei dan untuk menemukan dosis yang tepat dalam mengobati infeksi bakteri vibrio alginolitycus pada udang vannamei.


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 tiga ulangan.Adapun perlakuan yang akan dilakukan adalah: PEM0 (0%) PEM1(0,5%), PEM2 (1,5%) dan PEM3 (2,5%). Parameter yang diamati: Gejala klinis, Lama waktu penyembuhan, Tingkat kelangsungan hidup dan Pengukuran kualitas air.


Hasil penelitian yaitu penggunaan ekstrak daun mimba berpengaruh terhadap kelangsungan hidup udang vannamei (Litopenaeus vannamei) yang terinfeksi bakteri Vibrio algynoliticus. Tingkat kelangsungan hidup terbaik udang vannamei (Litopenaeus vannamei) terdapat pada PEM3 (ekstrak daun mimba 2,5%) yaitu dengan persentase 18,33% dan tingkat kelangsungan hidup terendah terdapat pada PEM0 dengan persentase 0%.


 


 


 

Kata kunci : bakteri vibrio alginolitycus, esktrak daun mimba, udang vannamei

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Wildayani
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2023)
Tanggal disimpan : 06-09-2022 10:06
Terakhir diubah : 29-11-2022 15:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3248
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!