PERANAN PEMUDA SIMALUNGUN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA 1945-1946

Monica Sondang arianta purba (2022), PERANAN PEMUDA SIMALUNGUN DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA 1945-1946 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

  Sejak memerintahnya Jepang di Simalungun kehidupan rakyat sangat menderita. Pada saat itu pemuda yang berbadan sehat di paksa melakukan romusha dan gadis pada saat itu di jadikan Jugun Iyanfu oleh pemerintah Jepang. Dan tindakan tidak adil yang dilakukan terhadap masyarakat dan pemuda Simalungun hal inilah yang mendasari  terjdinya gerakan pemuda Simalungun untuk melawan pemerintahan Jepang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang terbentuknya gerakan pemuda Simalungun dan sumbangsih pemuda simalungun dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode historis atau metode sejarah yaitu merekontruksi ulang kisah sejarah. Langkah – langkah yang dilakukan adalah heuristik yaitu pengumpulan sumber, peneliti mencari sumber – sumber pendukung melalui perpustakaan dan arsip Kota Langsa, perpustakan Pemko Medan. Dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu sumber primer dan sekunder, sumber primer yaitu buku yang ditulis sezaman, catatan hasil lapangan, hasil observasi lapangan, data – data mengenai informan. Sedangkan data sekunder pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, jurnal. Kemudian peneliti mengkritik sumber tersebut lalu menginterpretasikannya sehingga kemudian bisa dilakukan tahap historiografi.


         Adapun hasil penelitian ini adalah pada saat Jepang memasuki Simalungun masyarakat Simalungun menyambut hangat kedatangan Jepang tersebut karena Jepang berhasil memukul kalah pihak Belanda tetapi, sejak Jepang sepenuhnya memerintah di Simalungun ternyata kehidupan masyarakat dan pemuda tetap saja menderita karena pada saat Jepang memerintah terjadi pemberlakuan romusha bagi pemuda Simalungun yang berbadan sehat dan anak gadis pada saat itu di jadikan jugun iyanfu. Hal inilah yang mendasari terbentuknya gerakan pemuda Simlungun. Mereka juga memanfaatkan pelatihan militer yang di latih oleh Jepang untuk melancarkan aksi untuk merdeka sehingga timbullah sumbangsih yang diberikan oleh pemuda Simalungun yaitu membentuk barisan laskar pejuang, melakukan peristiwa berdarah Siantar Hotel, melakukan revolusi di Simalungun.

Kata kunci : Simalungun, Pemuda Simalungun, Revolusi Kemerdekaan Indonesia

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Monica Sondang arianta purba
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 02-08-2022 12:44
Terakhir diubah : 10-08-2022 16:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3138
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!