STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA HUTAN KOTA LANGSA MENGGUNAKAN ANALISIS FISHBONE

Widya Lusi Yanti (2021), STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA HUTAN KOTA LANGSA MENGGUNAKAN ANALISIS FISHBONE . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Studi ini adalah sebuah penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan data dan informasi untuk dianalisis mengenai tentang strategi pengembangan ekowisata hutan kota langsa menggunakan analisis fishbone. Dalam penelitian ini peneliti memilih hutan kota dikarenakan hutan Kota merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kota Langsa yang ramai dikunjungi masyarakat Kota Langsa maupun Luar Kota Langsa. Di kalangan masyarakat Kota Langsa, Hutan Kota Langsa lebih populer dengan sebutan Hutan Lindung karena dulunya sebelum berubah nama Hutan Kota Langsa dulunya hanyalah dipenuhi dengan pohon damar. Hutan kota diberi julukan Langsa Green City, Pemerintah Kota Langsa dan Pengelola Hutan Kota melihat potensi Hutan Kota di Gampong Paya Bujok Seulemak Kecamatan Langsa Baro seluas 48,64 Ha sebagai aset yang strategis untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui kegiatan wisata.


Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini ada 3 jenis informan, yaitu informan utama, informan kunci dan informan pendukung. Informan utama yaitu pengunjung atau wisatawan, informan kunci yaitu pengelola hutan kota dan informan pendukung yaitu masyarakat sekitar hutan kota. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lebih mengarah kepada sumber data, wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yaitu dengan menggunakan analisis fishbone.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan dalam pengelolaan ekowisata hutan kota sudah tepat yaitu dengan melakukan promosi, meningkatkan fasilitas berupa sarana dan prasarana, dan sudah menjalin kerjasama antara pihak pemerintahan, (2) Kurangnya keikutsertaan masyarakat didalam pengelolaan hutan kota.

Kata kunci : ekowisata, hutan kota, analisis fishbone

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Widya Lusi Yanti
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 28-07-2022 12:05
Terakhir diubah : 23-11-2022 10:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3118
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!