EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PASKA PENERAPAN QANUN NO 11 TAHUN 2018 TENTANG LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS DI KECAMATAN LANGSA KOTA)

Anggi Wahyuni (2022), EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) PASKA PENERAPAN QANUN NO 11 TAHUN 2018 TENTANG LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI KOTA LANGSA (STUDI KASUS DI KECAMATAN LANGSA KOTA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program yang disalurkan oleh pemerintah yang berupa bantuan uang kepada keluarga atau seseorang yang miskin, tidak mampu atau rentan terhadap resiko sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program keluarga harapan (PKH) di Kecamatan Langsa Kota Paska Penerapan Qanun No 11 Tahun 2018 Tentang Lembaga Keuangan Syariah di Kecamatan Langsa Kota. Indikator yang digunakan untuk melihat efektivitas PKH adalah indikator tepat sasaran bantuan, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat penggunaan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Jumlah populasi dalam penelitian ini ada 869 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Metode pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling, sebesar 15% dari jumlah populasi, maka jumlah sampel yang diperoleh adalah 130 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase. Kemudian hasil presentase akan di interprestasikan pada skor efektivitas yang menunjukan bahwa efektivitas PKH dilihat dari kategori sangat efektif, efektif, cukup efektif, tidak efektif dan sangat tidak efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan PKH di Kecamatan Langsa Kota sudah berjalan sangat efektif hal ini dapat dilihat dari rata-rata jawaban responden terhadap pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar 84,90% dengan kriteria sangat efektif.

Kata kunci : Efektivitas, Program Keluarga Harapan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Anggi Wahyuni
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2022)
Tanggal disimpan : 22-07-2022 14:23
Terakhir diubah : 03-08-2022 07:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3084
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!