ANALISIS NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MIMIPI ANAK PULAU

Nadita Ayudhistiari (2021), ANALISIS NILAI-NILAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MIMIPI ANAK PULAU. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan memiliki peran penting dalam menumbuhkembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki manusia sebutkan dengan itu pemerintah melaksanakan penguatan karakter peserta didik melalui program penguatan pendidikan karakter.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai penguatan Pendidikan karakter yang terdapat dalam novel mimpi Anak Pulau.


Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif deskriptif kemudian jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi selanjutnya teknik analisis datanya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut pengumpulan data reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan klarifikasi.


Hasil penelitian yang dilaksanakan di perpustakaan kota Langsa terhadap novel mimpi anak Pulau ditemukan nilai penguatan pendidikan karakter sebagai berikut: 1) Religius 2) Nasionalis 3) Mandiri 4) Gotong-Royong 5) Integritas.


Adapun saran-saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini kepada pembaca diharapkan agar dapat mempelajari nilai-nilai penguatan Pendidikan karakter yang terdapat dalam novel “Mimpi Anak Pulau” sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk diimplementasikan peserta didik dan juga dapat dijadikan sebagai referensi untuk peneliti selanjutnya


 


 

Kata kunci : Nilai-nilai penguatan pendidikan karakter, Novel

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nadita Ayudhistiari
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 23-06-2022 11:12
Terakhir diubah : 06-10-2022 19:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2890
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!