PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ASPEK AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS VB SD NEGERI 6 KOTA LANGSA

Yolanda Putri (2022), PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA ASPEK AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS VB SD NEGERI 6 KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembelajaran jarak jauh merupakan sebuah model pembelajaran solutif berbantuan teknologi. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh siswa tidak terlepas dari aktivitas belajar, baik dilingkungan keluarga maupun dimasyarakat. Pembelajaran jarak jauh juga tidak dapat dilepaskan dari komponen penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan salah satu aspek fundamental yang harus dilakukan dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Sebab melalui komponen ini guru dapat mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan yang ditetapkan. Salah satu penilaian yang disyaratkan dilaksanakan dalam kurikulum 2013 adalah penilaian aspek afektif.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada aspek afektif dalam pembelajaran jarak jauh kelas VB SD Negeri 6 Kota Langsa.


Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru wali kelas VB SD Negeri 6 Kota Langsa. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, menggunakan konsep analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penilaian aspek afektif sikap spiritual siswa guru melakukan penilaian setiap saat, namun penilaian bersifat mengamati siswa saja, seperti saat siswa menjawab salam sebelum dan sesudah pembelajaran jarak jauh dilaksanakan. Pada aspek sosial yang berhubungan dengan perilaku sehari-hari siswa seperti jujur mengerjakan ujian tanpa menyontek, disiplin dalam melaksanakan tugas dan mengumpukan tugas perkejaan rumah tepat waktu, tanggung jawab menyelesaikan tugas yang diberikan dan mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik serta mengumpulkan tugas, santun dalam berbicara atau bertutur kata hakus/tidak kasar, wajah yang ramah bersahabat, gotong royong melakukan tugas-tugas yang diberikan dan dikerjakan sesuai kesepakatan, peduli kepada orang lain dan bersedia meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa/memiliki, percaya diri dalam mengemukakan pendapat, toleransi kepada teman yang berbeda pendapat.


Saran dari peneliti ini adalah guru hendaknya mencatat tampilan sikap siswa di saat proses pembelajaran jarak jauh melalui zoom, guru hendaknya diberi kesempatan mengikuti pelatihan tentang penilaian afektif lebih intensif sehingga mahir melaksanakan penilaian aspek afektif, dan dinas pendidikan hendaknya melaksanakan kegiatan yang dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada guru untuk mengembangkan instrumen penilaian afektif.

Kata kunci : pelaksanaan penilaian aspek afektif

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Yolanda Putri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 10-05-2022 16:28
Terakhir diubah : 16-02-2023 11:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2773
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!