ANALISIS MINAT BACA SISWA DI RUMAH SELAMA COVID-19

Melda Ayuana (2022), ANALISIS MINAT BACA SISWA DI RUMAH SELAMA COVID-19. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Minat membaca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak anak usia dini sebab minat membaca pada anak tidak akan terbentuk secara instan, tetapi dipengaruhi oleh rangsangan dari lingkungan anak berada. Tujuan ditumbuhkanya minat baca adalah agar membaca menjadi kebutuhan hidup siswa, bukan sekedar hobi atau kesenangan diwaktu senggang. Menurut Darmadi (2019:136) banyak sekali manfaat yang dapat diraih dengan membaca buku bagi anak. Orang tua perlu membiasakan anak-anaknya sejak dini untuk gemar membaca buku tentu saja buku-buku bermanfaat bagi anak seperti buku pelajaran, buku cerita atau dongeng yang banyak mengandung pesan moral, buku sejarah dan lain-lain.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kebutuhan terhadap bacaan, tindakan untuk mencari bacaan, rasa senang terhadap bacaan, ketertarikan terhadap bacaan, keingginan untuk selalu membaca, dan untuk menggetahui tindak lanjut siswa dirumah selama pandemi Covid-19.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh informan penelitian yang punya keterkaitan dengan minat membaca yaitu siswa-siswa SD di Desa Kuta Tinggi. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data, menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi.


Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada indikator kebutuhan terhadap buku bacaan ditemukan bahwa sebagian besar siswa terhadap buku bacaan merupakan suatu kebutuhan yang sangat baik. Berdasarkan data tersebut, dapat diamati bahwa responden yang memiliki terhadap buku bacaan lebih banyak daripada responden tidak memiliki minat. Namun pada indikator tentang tindakan mencari bahan bacaan, pada indikator perasaan senang membaca, pada indikator ketertarikan terhadap buku bacaan, pada indikator keinginan selalu membaca, dan pada indikator tindak lanjut terjadi hal sebaliknya dimana siswa yang memiliki minat lebih kecil dibandingkan dengan siswa yang menyukainya.


Saran dari Berdasarkan kesimpulan maka saran dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut: (1). Orangtua harus terus mendorong anak untuk membaca serta membantu mendapatkan bahan-bahan bacaan yang diinginkannya agar minat bacanya terus meningkat. (2). Agar siswa tidak bosan dalam membaca hendaknya kondisi rumah tempat anak membaca dibuat senyaman mungkin oleh orangtua.

Kata kunci : Minat Baca

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Melda Ayuana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2022)
Tanggal disimpan : 05-04-2022 13:48
Terakhir diubah : 16-02-2023 11:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2695
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!