ANALISIS MISKONSEPSI BERDASARKAN MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM BUKU AJAR KIMIA DI KOTA LANGSA

Sandro Freddy Lumban Tobing (2022), ANALISIS MISKONSEPSI BERDASARKAN MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM BUKU AJAR KIMIA DI KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Konsep termokimia sangat berhubungan dengan konsep pelajaran kimia lainnya, karena adanya hubungan antar konsep-konsep tersebut maka apabila terjadi miskonsepsi pada buku ajar kimia akan memberikan dampak miskonsepsi terhadap konsep konsep lain yang berhubungan dengan konsep termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi dan bentuk miskonsepsi berdasarkan multipel representasi yang terdapat pada materi termokimia dalam buku ajar yang digunakan di SMA Negeri 4 Kota Langsa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah buku ajar kimia kelas XI SMA/MA yang digunakan di Kota Langsa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi berupa tabel analisis miskonsepsi berdasarkan jenis representasi kimia dan lembar wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multipel representasi buku ajar materi termokimia diperoleh tipologi makroskopik 61,11%, submikroskopik 5,56%, dan simbolik 61,11%. Representasi submikroskopik hanya terdapat pada konsep entalpi karena pada konsep entalpi dapat mendeskripsikan pada tingkat partikel (atom dan molekul) yang tidak dapat dilihat oleh mata. Tidak terdapat miskonsepsi pada konsep-konsep materi termokimia dalam buku ajar kimia SMA Negeri 4 di Kota Langsa.

Kata kunci : analisis, bahan ajar, miskonsepsi, multipel representasi, termokimia

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sandro Freddy Lumban Tobing
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2022)
Tanggal disimpan : 01-04-2022 11:46
Terakhir diubah : 20-04-2022 13:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2685
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!