PENGARUH LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN ASET DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN KONTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2020)

Fauzul Riko (2022), PENGARUH LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN ASET DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN KONTRUKSI BANGUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2020) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel likuiditas, pertumbuhan aset, dan profitabilitas terhadap struktur modal pada perusahaan kontruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini sebanyak 16 sedangkan untuk sampel sebanyak 9 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan Hasil Y= 6,652 - 3,27X1 + 0,569X2 + 2,125X3. Konstanta sebesar 6,652 adalah nilai struktur modal sebelum dipengaruhi variabel likuiditas, pertumbuhan aset dan profitabilitas. Koefesien regresi variabel likuiditas berpengaruh negatif, dan koefesien variabel pertumbuhan aset dan profitabilitas berpengaruh positif. Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel likuiditas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan untuk variabel pertumbuhan aset dan profitabilitas berpengaruh tidak signifikan terhadap struktur modal. Secara simultan menunjukkan bahwa variabel likuiditas, pertumbuhan aset, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada Perusahaan Kontruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dari analisis koefesien determinasi (R²) diketahui bahwa likuiditas, pertumbuhan aset dan profitabilitas memberikan pengaruh terhadap struktur modal pada Perusahaan Kontruksi Bangunan yaitu sebesar 40,9%, dan sisanya sebesar 59,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.

Kata kunci : Likuiditas, Pertumbuhan Aset, Profitabilitas, dan Struktur Modal

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fauzul Riko
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2022)
Tanggal disimpan : 24-03-2022 16:41
Terakhir diubah : 16-05-2023 10:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2663
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!