PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOLABORASI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN SUSU

Tia Novia (2022), PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI EDMODO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOLABORASI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN SUSU. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Perkembangan dan kemajuan teknologi di era modern ini telah mengubah sistem pembelajaran konvensional menjadi modern dengan memanfaatkan pembelajaran e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan kolaborasi siswa menggunakan pembelajaran e-learning berbasis aplikasi edmodo. Penelitian ini teermasuk penelitian Pre-eksperimental dengan desain penelitian One Groups Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA dan sampelnya adalah siswa kelas XI MIA 1. Teknik pengumpulan data berupa soal pretest dan posttest, lembar observasi keterampilan kolaborasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain, uji normalitas dan uji hipotesis serta analisis data observasi dengan menghitung presentase keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep secara signifikan dengan kategori sedang (N-Gain 0,43). Sedangkan untuk keterampilan kolaborasi juga memperoleh nilai sebesar 89,53 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Diharapkan guru dapat menggunakan pembelajaran e-learning dengan aplikasi pendidikan dan peneliti lain dapat menambah indikator keterampilan kolaborasi.

Kata kunci : Edmodo¸ E-learning, Keterampilan Kolaborasi, Pemahaman Konsep

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tia Novia
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 21-03-2022 12:05
Terakhir diubah : 19-04-2022 14:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2634
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!