PEMANFAATAN KOLEKSI SEJARAH PERPUSTAKAAN DAERAH ACEH TIMUR SEBAGAI MEDIA PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SAMUDRA

YUSLIANA (2022), PEMANFAATAN KOLEKSI SEJARAH PERPUSTAKAAN DAERAH ACEH TIMUR SEBAGAI MEDIA PENULISAN KARYA ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS SAMUDRA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Perpustakaan merupakan sebuah lembaga yang berfungsi sebagai pengumpulan, pengolahan, pengawetan, pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi. Pada umumnya informasi yang dimaksud adalah berupa tulisan-tulisan cetak yang berada dalam buku. Dimana tulisan-tulisan tersebut dapat bermanfaat bagii para pembaca atau orang-orang yang membutuhkannya, salah satunya adalah kelompok mahasiswa yang sangat membutuhkan informasi atau sumber yang akurat sebagai rujukan dama pembuatan karya ilmiah, sebagaimana penelitian penulis tentang pemanfaatan koleksi perpustakaan Aceh Timur oleh mahasiswa Prodi Pendidikan sejarah Universitas Samudra.


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi ketersediaan sumber sejarah di perpustakaan Aceh Timur sebagai rujukan sumber dalam penulisan skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan sejarah Universitas Samudra. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bersifat pada kata-kata atau data dengan gambaran pada suatu lingkungan tertentu. Hasil dari penelitian ini bahwa ketersediaan sumber untuk menulis karya ilmiah atau skripsi oleh mahasiswa Prodi Pendidikan sejarah Universitas Samudra, perpustakaan Aceh Timur masih memiliki keterbatasan dalam ketersediaan sumber buku-buku tentang sejarah. Namun meski demikian perpustakaan Aceh Timur masih tetap memiliki sejumlah koleksi buku-buku sejarah yang hanya berjumlah 875  buku saja. Dari ke 875 buku sejarah tersebut terbagi dalam beberapa tema sejarah, dan ke 875 buku tersebut yang selama ini dimanfaatkan oleh para mahasiswa Prodi Pendidikan sejarah Universitas Samudra yang melakukan penelitian ke perpustakaan Aceh Timur. Dikemudian hari pihak perpustakaan Aceh Timur akan terus berupaya untuk menambah koleksi bukunya, termasuk dengan buku-buku yang bertema sejarah.


Kesimpulan dari pembahasan ini bahwa ketersediaan sumber buku sejarah di perpustakaan Aceh Timur masih sangat terbatas dengan jumlah 221. Namun meski demikian jumlah buku sejarah tersebut sudah sangat membantu para mahasiswa Prodi Pendidikan sejarah Universitas Samudra yang selama ini datang ke perpustakaan Aceh Timur melakukan penelitian.


Penulis menyarankan agar pihak perpustakaan Aceh Timur khussnya Pemerintah Kabupaten Aceh Timur untuk terus menambah buku-buku sejarah guna membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian maupaun untuk menambah wawwasan

Kata kunci : Koleksi Buku Sejarah, Perpustakaan, Aceh Timur

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : YUSLIANA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2022)
Tanggal disimpan : 21-02-2022 12:28
Terakhir diubah : 24-02-2022 17:38
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2547
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!