RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PARE (MOMORDICA CHARANTIA L) TERHADAP DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR NASA DAN BERBAGAI MULSA ORGANIK

Muhammad arief (2022), RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN PARE (MOMORDICA CHARANTIA L) TERHADAP DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR NASA DAN BERBAGAI MULSA ORGANIK. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

      Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon pertumbuhan dan hasil tanaman pare akibat pemberian dosis pupuk organik cair NASA dan berbagai mulsa organik, serta melihat interaksi antara pemberian dosis pupuk organik cair NASA dan berbagai mulsa organik. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Paya Bujok Beuramo Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa. Waktu penelitian selama 3 bulan, yang dimulai  pada bulan Juni  sampai bulan Agustus 2021.


      Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial, yang terdiri dari 2 faktor, yaitu : Faktor pertama dosis pupuk organik cair NASA (N), terdiri dari 4 faktor, yaitu : N0 = control, N1 = 2 cc/plot N2 = 2,4 cc/plot dan N3 = 2,8 cc/plot dan Faktor kedua berbagai mulsa organik (M) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu : M1 = Jerami padi (1,8 kg/plot), M2 = Serbuk gergaji (1,8 kg/plot) dan M3 = Alang-alang  (1,8 kg/plot).


        Parameter yang diamati : tinggi tanaman, panjang buah, diameter buah, bobot buah per tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian dosis pupuk organik cair NASA berpengaruh nyata terhadap terhadap parameter tinggi tanaman, panjang buah, diameter buah dan bobot buah per tanaman.


     Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan N3 ( dosis 2,8 cc/plot ). Pemberian berbagai mulsa organik berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, panjang buah panen ke- 1 dan 2, diameter buah panen ke- 1 dan bobot buah per tanaman. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan M1 ( mulsa jerami padi ). Interaksi perlakuan dosis pupuk oganik cair NASA dengan berbagai mulsa organik berpengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman umur 30 dan 45 HST, serta parameter bobot buah per tanaman panen ke-1. Interaksi terbaik diperoleh pada kombinasi perlakuan N3M1. (dosis 2,8 cc/plot dengan mulsa jerami padi).

Kata kunci : Pare, POC NASA, Mulsa Organik

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad arief
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2022)
Tanggal disimpan : 10-02-2022 12:27
Terakhir diubah : 22-02-2022 11:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2472
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!