ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN DI PULAU SEMBILAN KECAMATAN PANGKALAN SUSU KABUPATEN LANGKAT

Debi Febriana Br Siregar (2022), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN DI PULAU SEMBILAN KECAMATAN PANGKALAN SUSU KABUPATEN LANGKAT. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal, jarak tempuh, lama melaut dan pengalaman terhadap pendapatan nelayan di Desa Pulau Sembilan Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang dikumpulkan berupa  data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan kuesioner, dan data sekunder yang di peroleh dari Badan Pusat Statistik dan Kantor Desa. Sampel penelitian ini adalah nelayan   di Desa Pulau Sembilan yang berjumlah 76 responden. Dengan teknik pengolahan data menggunakan  uji hipotesis, serta menganalisis data dengan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software Eviews 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel modal kerja, jarak tempuh, lama melaut dan pengalaman berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan nelayan. Dan secara parsial variabel modal, jarak tempuh   lama melaut dan pengalaman berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pendapatan nelayan.

Kata kunci : Pendapatan Nelayan, Modal, Jarak Tempuh, Lama Melaut, Pengalaman

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Debi Febriana Br Siregar
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Ekonomi Pembangunan (2022)
Tanggal disimpan : 14-12-2021 12:50
Terakhir diubah : 20-12-2021 01:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2162
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!