IDENTIFIKASI KONDISI DAN KEBUTUHAN BIAYA BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (STUDI KASUS : DESA SUNGAI PAUH TAJUNG, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA)

M Iskandar Y (2021), IDENTIFIKASI KONDISI DAN KEBUTUHAN BIAYA BANTUAN REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI (STUDI KASUS : DESA SUNGAI PAUH TAJUNG, KECAMATAN LANGSA BARAT, KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Rumah tidak layak huni merupakan rumah yang tidak memenuhi persyaratan keselamatan bangunan. Kecukupan minimum luas bangunan dan kesahatan penghuni serta lingkungan pemukiman yang tidak layak dengan sarana,prasarana dan utilitas yang tidak memadai. Beberapa desa di kota langsa masih terdapat rumah tidak layak huni yang membutuhkan alokasi bantuan anggaran rehabiltasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah rumah tidak layak huni dan kebutuhan biaya bantuan rehabilitasi terkhusus bagi masyarakat yang brpenghasila rendah. Dengan demikian untuk memperbaiki tingkat rumah yang tidak layak huni di gampong sungai pauh tanjung perlu adanya studi mengetahui jumlah rumah tidak layak huni dan menentukan jenis rumah tidak layak huni adapun peneliti membantu dalam menghitung ektimasi biaya kebutuhan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Pengumpulan data melalui survey lokasi,Formulir Pendataan Rumah. Survey dilakukan dengan pengamatan langsung di desa sungai pauh tanjung yang berlokasi di kota langsa. Dari hasil penelitian diperoleh bobot hasil penilaian 9,43 untuk responden A; 7,75 untuk responden B; 9,26 untuk responden C; 9,50 untuk responden D; dan 9,43 untuk responden E. Skala prioritas penanganan diambil dari bobot hasil penilaian terbesar yaitu Responden Skala prioritas penanganan diambil dari bobot hasil penilaian terbesar yaitu Responden D (9,50), responden A (9,43) dan responden B (9,26). Berdasarkan skala prioritasnya maka kebutuhan anggaran pada masing-masing prioritas penanganan adalah responden D sebesar Rp 7.414.000, responden A sebesar Rp 11.496.000, dan responden E sebesar Rp 13.307.000.

Kata kunci : Rumah, Layak Huni, Prioritas, Rehabilitasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M Iskandar Y
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2021)
Tanggal disimpan : 24-11-2021 12:43
Terakhir diubah : 15-12-2021 19:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=2054
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!