PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR

Ika Handayani (2021), PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan berpikir kritis merupakan bagian dari kemampuan berpikir tingkat tingi (Higher Order Thinking Skill) yang bertujuan agar peserta didik dapat membedakan ide atau gagasan secara jelas, mampu memecahkan masalah, mampu mengkonstruksi penjelasan, mampu berhipotesis dan memahami hal-hal kompleks menjadi lebih jelas. Tujuan dalam penelitian ini antara lain yaitu (1) mengetahui pengembangan soal tes berbasis HOTS pada Tema 7 Subtema 1 kelas V Sekolah Dasar. (2) untuk mengetahui hasil pengembangan soal tes berbasis HOTS pada Tema 7 Sutema 1 kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R & D dengan metode DBR yang terdiri dari 4 langkah yaitu Identifikasi dan Analisis Masalah, Perancangan solusi, Siklus berulang dalam pengujian dan penyempurnaan rancangan, dan Refleksi untuk menghasilkan prinsip-prinsip desain dan implementasi. Hasil dari penelitian ini melalui uji validitas,realibilitas,uji daya pembeda dan uji tingkat kesukaran soal dan uji validasi dari validator ahli yaitu (1) Hasil validasi soal yang dilakukan oleh validator dari dua guru kelas V SD Negeri 1 Kota Langsa dan empat dosen Universitas Samudra, menunjukan nilai rata-rata 3,51 dengan kategori yang sangat baik. Hasil uji coba reliabilitas menunjukan nilai 0,80 dan 0.89 termasuk dalam kategori sangat kuat. (2) Hasil uji tingkat kesukaran memiliki kriteria sebagai soal HOTS dengan persentase tingkat kesukaran mudah sebesar 0%, sedang sebesar 86,6%, dan sukar sebesar 13,3%. Peneliti melakukan uji coba daya pembeda yang menghasilkan persentase sebesar 6,6% baik sekali,26,6% baik dan 66,6% cukup soalnya bisa dipakai. Dari hasil analisis uji coba validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal, pengembangan soal tes yang dilakukan peneliti sudah menghasilkan kualitas soal yangbaik dan layak untuk digunakan. Penelitian ini diharapkan agar peneliti selanjutnya dapat mengembangkan soal HOTS ini dengan kualitas soal yang lebih baik lagi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa.

Kata kunci : HOTS, Pengembangan soal tes

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ika Handayani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 14:18
Terakhir diubah : 21-11-2021 16:07
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1990
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!