PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 LANGSA

Nira Pradina Siregar (2021), PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Masalah yang kerap kali terjadi dalam pembelajaran adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hasil observasi pada saat awal semester genap tahun ajaran 2021 pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 5 langsa menggunakan pembelajaran luring dengan waktu pembelajaran yang dibatasi yaitu waktu satu jam pelajaran 30 menit. Keadaan tersebut menyebabkan siswa memiliki waktu untuk berinteraksi dengan guru sangat kurang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Langsa dan seberapa besar pengaruh model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Langsa.Metode penelitian berupa metode eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Desaign Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan penelitian pengaruh model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Langsa.Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Langsa secara signifikan dengan nilai sebesar 4,754 >2,008.Pengaruh model blended learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Langsa yaitu besar pengaruh 25,74. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada guru agar dapat menggunakan model blended learning, aspek yang digabungkan dalam blended learning tidak hanya mengkombinasikan face-to-fece dan online learning saja tetapi juga dapat berbentuk apa saja, seperti metode, media, sumber, lingkungan ataupun strategi pembelajaran dan aplikasi internet yang beragam yang dapat dijadikan pilihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Pengaruh, model blended learning, hasil belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nira Pradina Siregar
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 17-11-2021 12:07
Terakhir diubah : 14-06-2022 11:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1985
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!