PERAN SEKOLAH DINIYAH PUTRI PADANG PANJANG DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM PADA PEREMPUAN MINANGKABAU (1923-1955)

Syilvia Syasmi (2021), PERAN SEKOLAH DINIYAH PUTRI PADANG PANJANG DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM PADA PEREMPUAN MINANGKABAU (1923-1955). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang latar belakang berdirinya sekolah Diniyah Putri Padang Panjang serta mengkaji pendidikan karakter Islam yang diterapkan disekolah Diniyah Putri Padang Panjang 1923-1955. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang berdirinya sekolah Diniyah Putri dan untukmengetahui Pendidikan Karakter Islam yang diterapkan di sekolah Diniyah Putri terhadap perempuan Minangkabau. Metode yang digunakan adalah metode historis yang meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat faktor-faktor latar belakang berdirinyasekolah Diniyah Putri, yaitu: pendidikan, sosial, politik, agama, budaya.SekolahDiniyah Putri didirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah. Pendidikan Karakter Islamyang diterapkan oleh Diniyah Putri Padang Panjang terhadap perempuan Minangkabau adalah: Membentuk jiwa Islam, landasan cita-cita Diniyah Putri adalah “Membentuk putri jiwa Islam dan Ibu pendidik yang cakap dan aktif serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air atas dasar pengabdian kepada Allah SWT. Menjadi ibu pendidik, fitrah yang hakiki dari perempuan sebagai seorang guru dalam rumah tangganya, ia harus mampu mendidik anak keturunannya secara langsung. Menerapkan keterampilan berumah tangga, keterampilan perempuan dalam berumah tangga yang Rahmah El Yunusiyyah berikan kepada murid-muridnya adalah tujuan bisa hidup “mandiri” di kemudian hari, tanpa menggantungkan nasib kepada orang lain, berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Membentuk karakter tanggung jawab terhadap masyarakat dan tanah air, Rahmah El memiliki karakter seorang yang tabah, penuh toleransi dan bertanggung jawab. Saran dari hasil penelitian ini adalah dapat memperkaya pemahaman pembaca mengenai sejarah Diniyah Putri Padang Panjang merupakan bentuk perjuangan Rahmah El Yunusiyyah untuk memperjuangkan hak dan kebebasan kaum perempuan untuk memperoleh pendidikan.


 

Kata kunci : Perempuan, Pendidikan Karakter Islam, Rahmah El Yunusiyyah, Diniyah Putri Padang Panjang 1923-1955

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Syilvia Syasmi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2021)
Tanggal disimpan : 11-11-2021 16:13
Terakhir diubah : 23-11-2021 11:20
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1947
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!