PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA DAIRI SUMATERA UTARA

Nurhalis Sidabutar (2021), PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SECARA DARING DAN LURING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 1 SILIMA PUNGGAPUNGGA DAIRI SUMATERA UTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Adanya pandemi Covid-19 menjadi kendala bagi masyarakat termasuk kendala dalam bidang pendidikan. Pandemi Covid-19 membuat pelajaran tatap muka digantikan dengan pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbandingan pembelajaran secara daring dan luring dan untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif antara daring dan luring terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga Dairi Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 4 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, uji tes pretest dan posttest serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji statistik t-test posttest menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (6,168≥ 1.669) dengan menggunakan α=0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dimana Ha berbunyi terdapat perbandingan yang signifikan antara pembelajaran secara daring dan luring terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga Dairi Sumatera Utara. Pembelajan luring juga lebih efektif dibandingkan pembelajaran daring. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai posttest pembelajaran luring berjumlah 81,33 dan yang menggunakan pembelajaran daring berjumlah 68,16 serta pada pembelajaran daring terdapat beberapa kendala meliputi jaringan, kuota dan kecepatan jaringan internet yang relatif lambat. Saran yang diajukan bagi guru yaitu sebaiknya menggunakan pembelajaran luring guna meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran biologi pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 1 Silima Punggapungga, Dairi Sumatera Utara

Kata kunci : Perbandingan, pembelajaran luring, pembelajaran daring, hasil belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Nurhalis Sidabutar
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 10-11-2021 14:03
Terakhir diubah : 20-11-2021 06:23
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1912
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!