KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 PULAU BANYAK ACEH SINGKIL

Shahifah Sajjaddyah (2021), KENDALA-KENDALA YANG DIHADAPI GURU DAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 PULAU BANYAK ACEH SINGKIL . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap semua bidang dalam kehidupan termasuk salah satunya pada bidang pendidikan.  Terjadinya pandemi covid-19 membuat  pemerintah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak  jauh dengan adanya pembelajaran tersebut maka kendala dalam proses pembelajaran menjadi banyak dikarenakan baru pertama kalinya proses pembelajaran ini di laksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dan Untuk mengetahui Seberapa Besar Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru Dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Pulau Banyak Aceh Singkil. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPA SMAN 1 Pulau banyak dan seluruh guru IPA SMAN 1 pulau banyak. dengan teknik sampling purposive diperoleh sampel dengan 3 orang guru dimana 1 guru biologi, 1 guru fisika,1 guru kimia dan 2 kelas IPA sebagai sampel penelitian yaitu kelas 10 ( 27 siswa) dan kelas 11 (24 siswa ). jenis penelitian ini dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap observasi,wawancara,angket dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan deskriptif persentase.Hasil penelitian kendala yang dihadapi guru dari lima indikator yaitu indikator manajemen waktu bernilai 83,33  %,  indikator  sarana prasarana 55,55  %,  indikator  sumber  daya manusia bernilai 66,67 %, indikator keterampilan dalam menerapkan pembelajaran bernilai 95,24  %  dan  indikator  proses  penilaian  bernilai 66,67  %. Sedangkan kendala yang dihadapi siswa dari lima indikator  yaitu kendala manajemen waktu 43,13 %, kendala sarana prasarana 56,54 %, kendala  sumber daya manusia 52,29%, kendala keterampilan dalam menerapkan pembelajaran 63,28 % dan kendala proses penilaian 55,88 %. besar kendala yang digadapi guru 73,49 % dan besar kendala yang dihadapi siswa 54,22 %.Jadi dapat disimpulan dari penelitian ini guru dan siswa mengalami kendala dalam proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 terdapat pada semua indikator dengan nilai persentase yang berbeda-beda

Kata kunci : Kendala, Proses Pembelajaran, Masa Pandemi covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Shahifah Sajjaddyah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 09-11-2021 16:56
Terakhir diubah : 02-12-2022 10:45
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1902
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!