UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL AMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FITRI (2018), UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL AMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam proses belajar mengajar guru seringkali menemukan kelemahankelemahan yang dapat menimbulkan berbagai masalah dalam belajar mengajar
seperti kurangnya interaksi antara siswa dengan guru sehingga siswa lebih bersifat
pasif karena kurangnya kerja sama dalam kelompok. Akibat masalah-masalah
tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini juga terjadi
pada proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Darul Aman. Untuk mengurangi
masalah ini, seorang guru harus dapat memilih penggunaan model pembelajaran.
Sehingga, akan terciptanya situasi belajar mengajar yang lebih aktif dan
menyenangkan  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran dan untuk mengetahui seberapa
besar peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran take and
give pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Darul Aman Tahun Pelajaran
2016/2017.Metode yang digunakan squasi eksperimen (eksperimen semu), dengan
menerapkan penggunaan model pembelajaran take and give untuk diujicobakan
kepada siswa lalu diukur hasil belajar dengan menggunakan rumus peningkatan.
Instrument dalam penelitian yang digunakan adalah tes, yang berjumlah 20 soal
dengan menggunakan 5 (lima) alternatif jawaban. Setiap soal yang dijawab dengan
benar diberi skor 1 sedangkan yang salah diberi skor 0.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan model
pembelajaran take and give terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi
ekosistem di Kelas X Mia 2 Kabupaten Aceh Timur Tahun Pelajaran 2016/2017
dengan kategori cukup. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa di Kelas X Mia 2
Kabupaten Aceh Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah 60%.
Adapun saran dari penelitian ini adalah : Kepada guru-guru biologi agar dapat
menerapkan model pembelajaran take and give sebagai model alternatif dalam
pembelajaran biologi khususnya pada materi ekosistem. Dikarenakan, dengan
penggunaan model pembelajaran take and give dapat meningkatkan keaktifan siswa
dan juga pola pikir kritis siswa semakin bertambah dalam proses belajar mengajar.
Kepada para pembaca atau peneliti lain, untuk dapat menggunakan model
pembelajaran yang lain dengan materi yang lain pula. 

Kata kunci : Upaya Peningkatan, Hasil belajar, Take and Give
File
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FITRI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Pembimbing : (1). Drs. Sofiyan, M.Pd (2). Ruhama Desy M, S.Pd.,M.Pd
Tanggal disimpan : 21-02-2019 10:42
Terakhir diubah : 21-02-2019 10:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=181