IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI ENDOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) PADA KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI KUALA LANGSA

Riski tanzil ridwan (2021), IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI ENDOPARASIT PADA IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) PADA KERAMBA JARING APUNG (KJA) DI KUALA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ikan kerapu lumpur (Epinephelus tauvina) merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki prospek yang sangat baik untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan un-tuk mengetahui jenis endoparasit, tingkat prevalensi endoparasit pada ikan kerapu lumpur (Epinephelus tauvina). Penelitian ini menggunakan metode survey. Pengambilan sampel diambil dengan cara berdasarkan gejala klinis atau dengan metode purposive sampling yang diambil pada Keramba Jaring Apung kuala Langsa diambil secara acak atau random sampling sebanyak 40 ekor dengan ukuran 24-30 cm dan berat ikan 200-249 gr dan selanjutnya sampel diperiksa di Laboratorium Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Samudra, lalu diamati bagian organ pencernaan (usus) dengan menggunakan metode mikroskopis. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka endoparasit yang menginfeksi ikan Kerapu Lumpur (Epinephelus tauvina) terdapat satu spesies camallanus sp. yang merupakan endoparasit yang ser-ing ditemukan di kegiatan budidaya KJA, endoparasit ini ditemukan pada usus ikan Kerapu Lumpur (Epinephelus tauvina), dengan sampel ikan keseluruhan tingkat prevalensi pada 10% dan tingkat serangan tergolong dalam infeksi sering.

Kata kunci : Identifikasi, Endoparasit, prevalensi, Kerapu Lumpur (Epinephelus tauvina)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Riski tanzil ridwan
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Akuakultur/Budidaya Perairan (2021)
Tanggal disimpan : 07-10-2021 11:11
Terakhir diubah : 15-10-2021 11:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1730
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!