ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAQ/SEDEKAH PADA BADAN AMIL ZAKAT DAERAH DI KABUPATEN ACEH TENGGARA

Ruhmana syakinah (2021), ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NOMOR 109 TENTANG AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAQ/SEDEKAH PADA BADAN AMIL ZAKAT DAERAH DI KABUPATEN ACEH TENGGARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di Baitul Mal Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian pencatatan dan pengakuan transaksi kas dana Zakat dan Infaq/Sedekah pada Baitul Mal Kabupaten Aceh Tenggara berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 109. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif komparatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Akuntansi Zakat Dan Infaq/Sedekah yang ada di Baitul Mal Kabupaten Aceh Tenggara belum sesuai dengan Pernyataan Standar Akunatnsi Keuangan (PSAK) Nomor 109 Tentang Zakat Dan Infaq/Sedekah, hal ini ditunjukan dengan tidak adanya penyajian komponen laporan keuangan yang lengkap berdasarkan PSAK Nomor 109 yaitu laporan posisi keuangan (neraca), laporan perubahan dana, laporan perubahan aset keloaan, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan melainkan hanya menyajikan laporan keuangan secara sederhana yaitu laporan penghimpunan dan laporan penyaluran dana zakat dan infaq/sedekah.

Kata kunci : PSAK Nomor 109, Akuntansi Zakat dan Infaq/Sedekah

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ruhmana syakinah
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2021)
Tanggal disimpan : 21-09-2021 12:57
Terakhir diubah : 01-10-2021 19:33
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1663
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!