STUDI TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I DAN MADRASAH ALIYAH NEGERI IDI RAYEUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FITRIANA (2014), STUDI TENTANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I DAN MADRASAH ALIYAH NEGERI IDI RAYEUK TAHUN PELAJARAN 2013/2014 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Untuk menciptakan kehidupan lingkungan sekolah yang sehar dan bersih perlu diperhatikan faktor-faktor yang rnernpengaruhi lingkungan sekolah yang sehat dan bersih, diantaranya adalah adanya ketersediaan fasilitas ternpat pernbuanagan sampah, fasilitas WC urnurn, peraturan yang mengikat seluruh komponen sekolah (guru, siswa penjual jajanan dan lain-lain) terhadap kebersihan lingkungan. Lingkungan sekolah merupakan lingkungan yang berada pada area sekolah seperti kelas, pekarangan sekitar sekolah, lapangan upacara, ruangan kantor kepala sekolah, rangan guru, ruangan laboratoriurn, area kantin, ternpat parkir, dan area WC umurn sekolah.


Tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk rnengetahui bagaimanakah kebersihan lingkungan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Idi Rayeuk dan Madrasah Aliyah Negeri ldi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur tahun pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 ldi Rayeuk dan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur yang seluruhnya berjumlah 944 siswa. Sampel penelitian ini di ambil secara simple random sampling dari populasi. Dalam menentukan sampel penelitian, peneliti mengambil 15% dari jumlah populasi. Sehingga ditetapkan jumlah sampel sebanyak 142 orang siswa dan siswi yang terdiri dari 94 oarang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Idi Rayeuk dan 48 orang siswa Madrasah Aliyah Negeri ldi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur Tahun Pelajaran 2013/2014


Berdasarkan basil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kebersihan lingkungan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 temasuk dalam kategori sangat baik terlaksana dengan persentase sebesar 80,90%. Dan kebersihan lingkungan di Madrasah Aliyah Negeri Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 juga temasuk dalam kategori baik terlaksana dengan persentase sebesar 70,60%.


Disarankan bagi pihak sekolah agar sebaiknya melengkapi sarana dan prasarana untuk kebersihan lingkungan sekolah 'dan rutin mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan sekblah agar siswa terbiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dan guru agar meningkatkan pengetahuan siswa tentang kebersihan lingkungan sekolah terutama dalam pengelolaan sampah, agar tercipta suatu sikap dan perilaku yang ramah terhadap lingkungan sekolah. Jika ada siswa yang tdak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, sebaiknya ditegur langsung dan diberi sanksi agar siswa mempunyai kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kata kunci : Kebersihan Lingkungan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FITRIANA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2014)
Tanggal disimpan : 23-08-2021 16:17
Terakhir diubah : 05-09-2022 09:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2014
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1559
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!