UJI EFEKTIVITAS KOMBINASI EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM SANCTUM L.) DAN DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L.) SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI

Dita Audira (2021), UJI EFEKTIVITAS KOMBINASI EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM SANCTUM L.) DAN DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA L.) SEBAGAI LARVASIDA NYAMUK AEDES AEGYPTI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Vektor utama dari Demam Berdarah Dengue adalah nyamuk Aedes aegypti yang menggigit manusia. Cara yang bisa digunakan untuk memberantasnya adalah dengan menggunakan larvasida nabati yang berasal dari tanaman beracun terhadap serangga tetapi tidak mempunyai dampak buruk terhadap lingkungan dan tidak berbahaya terhadap manusia. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas dari kombinasi ekstrak daun kemangi dan daun jambu biji sebagai larvasida nyamuk Ae. aegypti. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari kombinasi ekstrak daun kemangi (Ocimum sanctum L.) dan daun jambu biji (Psidium guajava L.) dengan 5 konsentrasi (1%, 2%, 3%, 4%, dan 5%), kontrol negatif (aquadest), dan kontrol positif (larutan bubuk abate). Masing-masing perlakuan dimasukkan 25 ekor larva instar III Ae.aegypti dengan waktu pengamatan 6 jam, 12 jam, 18 jam, 24 jam, dan 30 jam dengan 5 ulangan. Analasis data menggunakan analisis anova dengan uji lanjut BNT. Hasil peneltian menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak daun kemangi dan daun jambu biji pada setiap konsentrasi memliki pengaruh terhadap kematian larva. Konsentrasi 3% merupakan konsentrasi yang sangat efektif terhadap kematian larva karena pada waktu 24 jam pengamatan sudah mematikan larva sebesar 100% dibandingkan dengan konsentrasi 1% dan 2%.

Kata kunci : Demam Berdarah Dengue, Aedes aegypti, Ocimum sanctum L., Psidium guajava L., Larvasida, Kombinasi Ekstrak.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dita Audira
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Biologi (2021)
Tanggal disimpan : 23-08-2021 12:08
Terakhir diubah : 24-08-2021 11:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1557
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!