MUATAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB YANG TERKANDUNG DALAM BUKU SISWA PADA TEMA TUGASKU SEHARI HARI DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR

Dilla Asiana (2021), MUATAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB YANG TERKANDUNG DALAM BUKU SISWA PADA TEMA TUGASKU SEHARI HARI DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pendidikan, hal ini terlihat dari adanya siswa yang tidak bertanggung jawab baik itu sendiri maupun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai karakter tanggung jawab yang terkandung dalam buku siswa pada tema tugasku sehari-hari di kelas 2 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis analisis konten. Hasil dari penelitian di dalam buku tema Tugasku Sehari-hari di kelas 2 yang terdiri dari empat subtema memiliki indikator nilai karakter pendidikan tanggung jawab: 1) Menggunakan waktu secara efektif, 2) melakukan persiapan sebelum pembelajaran, 3) Melaksanakan tugas induvidu yang diterima, 4 ) Melaksanakan proses diskusi,adapun indikator yang tidak pernah muncul di keempat subtema tersebut adalah mengerjakan soal atau masalah yang harus diteliti karena tidak adanya kalimat yang mengarah pada indikator tersebut. Sebaran indikator nilai pendidikan karakter tanggung jawab yang terdapat dalam materi pembelajaran namun belum merata. Teknik pengintegrasian indikator nilai karakter tanggung jawab terdapat didalam cerita dan penugasan. Adapun dalam penelitian ini disarankan untuk menilai pendidikan karakter dapat digunakan untuk menanamkan tanggung jawab karakter. Bagi siswa, hasil penelitian ini dapat menerapkan nilai karakter pendidikan tanggung jawab. Bagi peneliti selanjutnya dijadikan sebagai referensi untuk mengimplementasikan nilai pendidikan karakter tangggung jawab.

Kata kunci : Nilai karakter, Tanggung Jawab

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Dilla Asiana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 19-08-2021 16:25
Terakhir diubah : 18-09-2021 17:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1543
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!