HASIL PENELITIAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LANGSA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 LANGSA

Oza Dara Phonna (2021), HASIL PENELITIAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 LANGSA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penggunaan model pembelajaran konvensional di MAN 1 Langsa belum memberikan peningkatakan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini memicu para guru untuk berinovasi dalam memberi materi pelajaran agar lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa. Untuk mengatasi kesulitan siswa menerima materi pembelajaran dapat dilakukan dengan inovasi model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang efektif diterapkan dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif jigsaw.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajargeografi kelas X MAN 1 Langsa.


Penelitian ini merupakan penilitian Quasi Ekspeimental Design, dengan rancangan penelitian menggunakan Pretest Postest Non Equivalent Control Groub, yang populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yaitu kelas X IPS 1 dan X IPS 2 terdiri dar 50  siswa MAN 1 Langsa tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dengan jumlah 50 siswa, siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menentukan populasi dan sampel, menyusun perangkat pembelajaran, menyusun instrumenpenelitian. menganalisis data dan laporan penelitian. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Office Excell 2007.


Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai t hitung adalah 5,774 dan t tabel adalah 2,010. Nila t hitung yang diperoleh lebih besar dari t tabel , maka kriteria pengujian hipotesis-ttabel thitung ttabel untuk penerimaan H0 tidak terpenuhi. Sehingga hipotesis H0 ditolak, dan hipotesis H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Langsa.


Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian yang sama, disarankan untuk mengembangkan penelitian ini. Mempersiapkan sajian materi lain dan dapat mengoptimalkan waktu. Sehingga  dapat meningkatkan hasil belajar geografi.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Oza Dara Phonna
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 12-08-2021 05:49
Terakhir diubah : 16-09-2021 03:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1522
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!