PENGARUH DANA ALOKASI UMUM TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN BAMBU, DI KELURAHAN BRENGAM KECAMATAN BINJAI KOTA, KOTA BINJAI.

Ade Irma Suryani (2021), PENGARUH DANA ALOKASI UMUM TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN BAMBU, DI KELURAHAN BRENGAM KECAMATAN BINJAI KOTA, KOTA BINJAI.. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dana Alokasi Umum (DAU) merupakan dana perimbangan yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) kepada daerah dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar daerah serta untuk memadai penyelenggaraan kewenangan daerah yang mencakup penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Salah satu daerah yang mendapatkan pendaan melalui DAU ini adalah Kelurahan Brengam, Perwa Binjai Nomor 20 Tahun 2020 Pasal 4 setiap kelurahan mendapatkan DAU setiap tahunnya. Kelurahan Brengam merupakan kelurahan yang memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang baik khususnya bambu. Dengan adanya bantuan dana yang bersumber dari DAU secara tidak langsung akan memberikan pengaruh bagi pengrajin bambu di Brengam. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap kondisi sosial ekonomi pengrajin bambu di Kelurahan Brengam Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengrajin bambu yang terdapat di Kelurahan Brengam. Sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, yaitu dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi dan jumlah populasi kurang dari 100. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis Uji Hipotesis (Paired Sample T-test).


Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukan bahwa berdasarkan uji T-test yang dianalisis menggunakan bantuan program excel dapat kita simpulkan bahwa t-hitung > t-tabel (2,278 > 2,001), yang artinya Ho ditolak dan H1 diterima, maka terdapat pengaruh dana alokasi umum terhadap kondisi sosial ekonomi pengrajin bambu di Kelurhan brengam kecamatan biinjai kota, kota binjai.saran dari peneliti. Pemerintah daerah lebih transparan terhadap DAU dan perlu diadakan pelatihan keterampilan kewirausahaan untuk pengrajin bambu agar lebih kreatif.

Kata kunci : Dana Alokasi Umum (DAU), Kondisi Sosial Ekonomi, Pengrajin Bambu

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ade Irma Suryani
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2021)
Tanggal disimpan : 10-08-2021 12:53
Terakhir diubah : 16-12-2021 15:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1521
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!