KONTRIBUSI USAHA TERNAK SAPI ACEH (BOS BIBOS) TERHADAP PENDAPATAN PETERNAK SAPI ACEH DI KECAMATAN LANGSA BARO KOTA LANGSA

Andre Putra Pratama (2021), KONTRIBUSI USAHA TERNAK SAPI ACEH (BOS BIBOS) TERHADAP PENDAPATAN PETERNAK SAPI ACEH DI KECAMATAN LANGSA BARO KOTA LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Langsa Baro. Penelitian ini bertujuan untuk menganailis pendapatan rumah tangga peternak sapi aceh di Kecamata Langsa Baro dan mengetahui besar kontribusi usaha ternak sapi aceh terhadap pendapatan peternak sapi aceh di Kecamatan Langsa Baro. Objek penelitian ini adalah peternak sapi aceh. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu snow ball dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Untuk menganalisis pendapatan rumah tangga peternak sapi aceh dan mengetahui besarnya kontribusi usaha ternak sapi aceh terhadap pendapatan peternak sapi aceh dengan menghitung pendapatan peternak sapi dan menghitung besar kontribusi terhadap pendapatan peternak sapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata jumlah pendapatan usaha ternak sapi aceh yaitu sebesar Rp28.001.067/tahun, sedangkan jumlah pendapatan utama peternak sebesar Rp30.280.000. Nilai kontribusi pendapatan usaha ternak sapi aceh terhadap pendapatan utama peternak sebesar 47,64% maka dikategorikan kontribusinya rendah karena lebih kecil dari 50%.

Kata kunci : Kontribusi, Pendapatan, Sapi aceh

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Andre Putra Pratama
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 05-08-2021 12:15
Terakhir diubah : 06-08-2021 04:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1514
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!