PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Herman (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pemahaman matematis merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Namun pada fakta di lapangan terdapat rata-rata siswa masih memiliki kemampuan pemahaman matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Generatif (Generative Learning) pada materi relasi dan fungsi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa siswa pada materi relasi dan fungsi yang diajarkan dengan model pembelajaran VIII-1B SMP Negeri 8 Langsa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas VIII-1B SMP Negeri 8 Langsa yang berjumlah 14 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test/pasca-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa kelas VIII-1B SMP Negeri 8 Langsa meningkat  dengan menggunakan model pembelajaran Generatif (Generative Learning) dengan nilai (  = 9,80 > ttabel(0,05;13) = 2,16) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman matematis siswa kelas VIII-1B SMP Negeri 8 Langsa setelah menggunakan model VIII-1B SMP Negeri 8 Langsa. Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pemebelajaran Generatif (Generative Learning)  untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa khususnya pada materi relasi dan fungsi, juga bagi peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Model pembelajaran Generatif (Generative Learning), pemahaman Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Herman
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 23-06-2021 16:09
Terakhir diubah : 17-11-2022 10:29
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1375
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!