PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Alwi Yorandha Siregar (2021), PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu aspek terpenting dalam belajar matematika. Namun pada fakta di lapangan siswa masih memiliki kemampuan penalaran matematis yang rendah. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dan untuk menganalisis minat belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen satu kelas. Sampel penelitian di kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Langsa yang berjumlah 12 siswa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan pre-test dan post-test/pasca-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Langsa meningkat  dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dengan nilai  = 7,50> ttabel(0,05;11) = 2,20 pada taraf signifikan 5% demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Langsa setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan persentase rata-rata nilai angket minat belajar siswa 82,93% artinya bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 6 Langsa setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Learning. Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pemebelajaran Quantum Learning untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, juga bagi peneliti selanjutnya agar kiranya penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi sebuah karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Model pembelajaran Quantum Learning, Minat Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alwi Yorandha Siregar
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 08-06-2021 09:58
Terakhir diubah : 11-06-2021 10:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1307
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!