PERANAN NAZI TERHADAP PEMBANTAIAN YAHUDI DI EROPA (1913-1949)

ZAMAL WILDA (2015), PERANAN NAZI TERHADAP PEMBANTAIAN YAHUDI DI EROPA (1913-1949) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Munculnya kekuatan baru di Jerman yang dimotori oleh Nazi membuat semua mata tertuju pada setiap geraka yang dilakukan Nazi dalam membawa negara Jerman keranah yang lebih baik. Pasca perjanjian Versailles yang telah membuat Jerman kehilangan kekuatan, maka pada masa kepemimpinan Hitler yang membawa partai Nazi sebagai partai penguasa di Jerman, maka Nazi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam membawa Jerman pada puncak kejayaan. Akan tetapi pengaruh kekuasaan Nazi di Eropa membawa kesengsaraan tersendiri bagi Etnis Yahudi yang kelak mendapat siksaan yang sangat berat dari Nazi. Etnis Yahudi di bantai habis-habisan hingga tidak terhitung lagi banyaknya korban jiwa yang berjatuhan. Terjadinya hal ini terkait konspirasi yang telah dilakukan oleh Yahudi dimasa lalu dalam menjatuhkan Jerman melalui perjanjian Versailles. Dunia International tidak menutup mata akan perbuatan yang telah dilakukan oleh Nazi terhadap Etnis Yahudi di Eropa, oleh karena itu dunia International menggempur Jerman hingga pada akhirnya Jerman kembali kalah dalam pertempuran besar tersebut sehingga menyudahi kekuasaan Nazi di Eropa.
Tujuan penelitian yang penulis lakukan dalam penulisan ini adalah untuk mendapatkan data-data serta bukti-bukti yang akurat dan relevan yang ada hubungannya dengan judul skripsi ini, terutama tentang Peranan Nazi terhadap pembantaian Ernis Yahudi di Eropa (1913-1949).
Metode penulisan yang penulis gunakan dalam penyelesaian skripsi ini adalah metode sejarah kritis yang mencakup empat langkah, yaitu mengum-pulkan sumber-sumber yang telah dikumpulkan baik kritik interen maupun kritik eksteren, melakukan interpretasi dan analisa untuk memunculkan fakta-fakta. Kemudian melakukan historiografi atau penyusunan sejarah sebagai peristiwa Di samping itu penulis menggunakan teknik penilitian yaitu Library Research (Penelitian Perpustakaan) dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan permasalahan dalam tulisan ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembantaian yang dilakukan oleh Nazi terhadap Etnis Yahudi ternyata megakibatkan Jerman diserang oleh Negara-negara yang tergabung dalam LBB, pasca Genocida tersebut melahirkan suatu tempat pemukiman baru bagi Etnis Yahudi yang bermana Israel.
Akhirnya penulis menyarankan khususnya bagi para generasi penerus bangsa ini, belajarlah dengan giat agar kelak menjadi seorang pemimpin yang amanah, cerdas serta dapat mendengarkan semua aspirasi rakyatnya yang sesuai dengan cita-cita luhur yang diinginkan, serta jangan pernah menggunakan kekuasaan dengan sesuka hati yang dapat menyengsarakan pihak-pihak tertentu.

Kata kunci : nazi, yahudi, pembantaian, eropa, jerman, perang dunia I, perang dunia II

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ZAMAL WILDA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Sejarah (2015)
Tanggal disimpan : 16-03-2021 12:24
Terakhir diubah : 16-03-2021 23:37
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2015
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1096
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!