PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2019

Reka Syahfitri (2021), PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (DPR) PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2014-2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh current ratio, debt to equity ratio, dan return on equity terhadap dividend payout ratio pada Peruhaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari www.idx.com. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2019, dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 Perusahaan Sektor Industi Barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2019. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan analisis koefesien determinasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21. Dari analisis data diperoleh secara parsial current ratio, debt to equity ratio berpengaruh tidak signifikan terhadap dividend payout ratio, dan return on equity berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio, sedangkan secara simultan current ratio, debt to equity ratio dan return on equity berpengaruh signifikan terhadap dividend payout ratio pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dari hasil koefisien determinasi diketahui bahwa masih ada variabel lain yang mempengaruhi dividend payout ratio diluar model penelitian ini diantaranya yaitu Total Assets Turn Over (TATO), Price Earning Ratio (PER) dan Firm Size.

Kata kunci : Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Equity, Dividend Payout Ratio

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Reka Syahfitri
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2021)
Tanggal disimpan : 04-03-2021 15:48
Terakhir diubah : 04-03-2021 04:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=1049
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!