PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LOKOP TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MARINA (2018), PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LOKOP TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar juga dapat
membangkitkan keinginan dan minat yang baru bagi siswa, membangkitkan motivasi
belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Selain dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa, pemakaian atau pemanfaatan media juga dapat
meningkatkan pemahaman siswa terhadap pelajaran. Alasan penggunaan media
animasi dikarenakan media animasi merupakan media yang memiliki bahasa umum
yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana-mana. Animasi berbicara lebih banyak
dari pada seribu kata. Media animasi dan media animasi merupakan peniruan dari
benda-benda dan pemandangan dalam hal bentuk, rupa, serta ukurannya relatif
terhadap lingkungan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media
animasi terhadap pemahaman siswa pada sistem pernapasan manusia Kelas VIII di
SMPN 1 Lokop Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui besar pengaruh
media animasi terhadap pemahaman siswa Pada sistem pernapasan manusia Kelas
VIII di SMPN 1 Lokop Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jumlah populasi sebanyak 155
orang, sedangkan sampel sebanyak 65 siswa.
Hasil penelitian terdapat pengaruh media animasi terhadap pemahaman siswa
pada sistem pernapasan manusia Kelas VIII di SMPN 1 Lokop Tahun Pelajaran
2017/2018 hal ini ditunjukan dari nilai t (hitung) > t (tabel)
Besarnya pengaruh media
animasi terhadap pemahaman siswa Pada sistem pernapasan manusia Kelas VIII di
SMPN 1 Lokop Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah 7,9 yaitu selisih rata-rata
pemahaman siswa.

Disarankan Guru dapat menggunakan atau membuat media animasi untuk
mendukung proses pembelajaran, yaitu dalam proses pe-nyampaian materi pelajaran
yang bersifat abstrak, khususnya pada penyampaian materi sistem kelistrikan
otomotif, agar proses penerimaan dan pemahaman siswa menjadi lebih mudah.
Dengan demikian hasil belajar siswa lebih meningkat. Guru dapat menggunakan
atau membuat media animasi untuk mendukung proses pembelajaran, yaitu dalam
proses penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak, khususnya pada
penyampaian materi sistem pernapasan pada manusia, untuk dapat menumbuhkan
atau meningkatkan motivasi belajar siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Kata kunci : Media Animasi, Pemahaman Siswa, Sistem Pernapasan manusia

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MARINA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 04-01-2019 15:21
Terakhir diubah : 04-01-2019 15:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=10
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!