PENGARUH UMUR PANEN DAN JENIS KEMASAN TERHADAP KUALITAS BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS (WEBER) BRITTON & ROSE) SELAMA PENYIMPANAN DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG

Arifa Anwar (2021), PENGARUH UMUR PANEN DAN JENIS KEMASAN TERHADAP KUALITAS BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS (WEBER) BRITTON & ROSE) SELAMA PENYIMPANAN DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur panen yang tepat terhadap kualitas buah naga merah, pengaruh jenis kemasan buah naga merah yang baik terhadap kualitas buah naga merah dan pengaruh interaksi antara umur panen dan jenis kemasan terhadap kualitas buah naga merah. Penelitian ini dilaksanakan di kebun buah naga Desa Sungai Kuruk 3. Penyimpanan dilakukan di Desa Sukaramai  dimulai dari bulan Juni sampai dengan Juli tahun 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu umur panen (U), yang terdiri dari 5 taraf yaitu U1 = 30 HSA, U2 = 32 HSA, U3 = 34 HSA, U4 = 36 HSA, U5 = 38 HSA.


Faktor yang kedua jenis kemasan (K) yang terdiri dari 2 taraf yaitu keranjang dan kardus. Parameter yang diamati yaitu warna kulit buah, susut bobot (%), kesegaran buah, umur simpan (hari), kekerasan buah (mm/g/s). Hasil pengamatan perlakuan umur panen berpengaruh sangat nyata terhadap kekerasan buah naga sebelum penyimpanan dan berpengaruh nyata terhadap kekerasan buah setelah penyimpanan dan terhadap susut buah naga. Umur panen yang terbaik di peroleh pada umur panen U4 (36 HSA). Perlakuan jenis kemasan tidak berpengaruh terhadap perlakuan susut bobot dan kekerasan buah selama penyimpanan. Interaksi antara umur panen dan jenis kemasan berpengaruh nyata terhadap susut bobot buah naga selama penyimpanan.

Kata kunci : Umur Panen, Jenis Kemasan, Buah Naga Merah dan Aceh Tamiang

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Arifa Anwar
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 24-02-2021 10:24
Terakhir diubah : 28-02-2021 22:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=993
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!