RANCANG BANGUN ELECTRONIC NOSE (E-NOSE) UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT LAMBUNG (GASTRITIS DAN DISPEPSIA) MELALUI SALURAN PERNAPASAN

Miranda (2021), RANCANG BANGUN ELECTRONIC NOSE (E-NOSE) UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT LAMBUNG (GASTRITIS DAN DISPEPSIA) MELALUI SALURAN PERNAPASAN . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam penelitian ini telah dirancang suatu sistem E-Nose yang berfungsi sebagai pendeteksi aroma pernapasan pada penderita lambung. Lambung merupakan organ pencernaan yang terdapat pada manusia yang rentan terhadap penyakit. Pendeteksian penyakit lambung dilakukan dengan menggunakan metode jaringan saraf tiruan (JST). Jaringan Saraf Tiruan (JST) adalah salah satu bagian dari kecerdasan buatan yang berhubungan dengan peramalan atau prediksi yang dapat digambarkan sebagai simulasi dari koleksi model saraf biologi. Perancangan sistem E-Nose menggunakan sensor gas MQ diantaranya MQ2, MQ4, MQ5, MQ7, MQ9 dan MQ135, yang berfungsi untuk mengenali sampel udara pernapasan penderita lambung. Penggunaan dari beberapa sensor gas tersebut bertujuan untuk mendapatkan output dari sensor yang berbentuk pola tegangan, dimana setiap sensor dapat mengenali aroma dari masing-masing sampel pernapasan penderita lambung yaitu gastritis dan dispepsia. Dari hasil pengujian JST menunjukkan tingkat keakuratan output dengan target ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,94913. Nilai R yang hampir mencapai nilai 1 menunjukkan bahwa proses pengolahan JST berjalan dengan baik, dengan nilai akurasinya 99,5%.

Kata kunci : E-Nose, Jaringan saraf tiruan (JST), Sensor gas, Gastritis dan Dispepsia

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Miranda
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 23-02-2021 17:54
Terakhir diubah : 25-02-2021 22:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=991
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!