EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN SIMPANG UPAH – SIMPANG ALUR MANIS KABUPATEN ACEH TAMIANG)

M.almunawar (2021), EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN SIMPANG UPAH – SIMPANG ALUR MANIS KABUPATEN ACEH TAMIANG). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Ruas Jalan Simpang Upah – Simpang Alur Manis merupakan jalan penghubung antara yang keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, ruas jalan tersebut sering di lalui oleh kendaraan berat seperti dump truck yang mengangkut material pasir, sawit untuk di olah di pabrik kelapa sawit dan kendaraan berat milik PT. Pertamina EP rantau serta kendaraan-kendaraan lain milik masyarakat pada umumnya. Dari latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian mengenai kerusakan jalan di ruas Jalan Simpang Upah – Simpang Alur Manis sebagai dasar untuk melaksanakan perbaikan jalan. Dari hasil penelitian ini nantinya diharapkan akan diketahui hal-hal yang mengakibatkan kerusakan jalan dan bagaimana cara
menanggulanginya. Oleh sebab itu maka perlu dilakukan penelitian awal terhadap kondisi permukaan jalan yaitu dengan melakukan survai secara visual yang berarti dengan cara melihat dan menganalisa kerusakan tersebut berdasarkan jenis dan tingkat kerusakannya untuk digunakan sebagai dasar dalam melakukan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan. bertujuan untuk melakukan penilaian untuk mengetahui dan mengelompokan jenis dan tingkat kerusakan perkerasan jalan, serta menetapkan nilai kondisi perkerasan jalan dengan cara mencari nilai Pavement Condition Index (PCI) dan upaya perbaikannya. Dari hasil analisa dan identifikasi kerusakan jalan untuk nilai PCI rata-rata yang didapat sebesar 48,14%
dalam kategori sedang, kerusakan di Ruas Jalan Simpang Upah – Alur Manis didominasi oleh Lubang 56,33%, Pelepasan Butiran 15,41%, Retak Kulit Buaya 11,61%, Tambalan 5,52%, Retak pengembangan 5,04%, Retak Amblas 4,47% dan Retak tepi 1,62% dan menurut tabel matriks perbaikan jalan seharusnya jalan Simpang Upah – Alur Manis harus segera di perbaiki, mengingat hasil identifikasi pada jalan tersebut melakukan perbaikan P6 (leveling) di beberapa segeman dan P5 (patching) maka akan lebih baik jika ruas jalan tersebut dilakukan pengaspalan ulang untuk lebih meningkatkan kualitas jalan tersebut.

Kata kunci : Perbaikan Jalan, Pavement Condition Index, Kerusakan Jalan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : M.almunawar
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2021)
Tanggal disimpan : 22-02-2021 12:00
Terakhir diubah : 08-07-2021 13:48
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=987
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!