PENGARUH DAYA TARIK WISATA, WORD OF MOUTH DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG PADA OBJEK PEMANDIAN PELARUGA DI KECAMATAN SEI BINGAI KABUPATEN LANGKAT

Jon Keke (2021), PENGARUH DAYA TARIK WISATA, WORD OF MOUTH DAN DESTINATION IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN BERKUNJUNG PADA OBJEK PEMANDIAN PELARUGA DI KECAMATAN SEI BINGAI KABUPATEN LANGKAT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata, word of mouth dan destination image terhadap keputusan wisatawan berkunjung pada objek pemandian Pelaruga di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pembuktian hipotesis dilakukan dengan uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 2,992 + 0,164 X1 + 0,345 X2 + 0,180 X3. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung, variabel word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung dan variabel destination image berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung. Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel daya tarik wisata, word of mouth dan destination image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung. Hasil uji koefisien determinasi (R2) variabel daya tarik wisata, word of mouth dan destination image mempengaruhi keputusan wisatawan berkunjung pada objek pemandian Pelaruga di Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat sebesar 0,735 atau sebesar 73,5%, sedangkan sisanya 26,5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain seperti kualitas pelayanan, fasilitas, Advertising, harga, produk wisata, kepuasan, dan lain-lain.

Kata kunci : Daya tarik wisata, word of mouth, destination image, keputusan wisatawan berkunjung

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Jon Keke
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2021)
Tanggal disimpan : 21-02-2021 22:12
Terakhir diubah : 26-02-2021 10:25
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=985
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!