PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA MATERI LIMAS KELAS VIII SMPN 12 LANGSA

Magfira Maulania (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF-EFFICACY SISWA PADA MATERI LIMAS KELAS VIII SMPN 12 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar dan mendeskripsikan Self-Efficacy siswa pada materi limas kelas VIII-1 SMPN 12 Langsa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan The One Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 12 Langsa yang berjumlah 16 siswa tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dan lembar angket. Data hasil belajar diperoleh dari nilai awal (pre-tes) sebelum perlakuan dan nilai akhir (pasca-tes) setelah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Rata-rata hasil belajar siswa di kelas VIII-1 SMPN 12 Langsa dari pre-tes ke pasca-tes meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Adapun peningkatannya yaitu 42,375. Perhitungan uji t menggunakan rumus paired sample t-test, dimana nilai = = 2,131, disimpulkan untuk menolak H0 dan Ha diterima. Artinya hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMPN 12 Langsa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). 2) Berdasarkan hasil perhitungan analisis keseluruhan, diperoleh persentase rata-rata jawaban siswa secara keseluruhan sebesar 53,015%. Hal ini menunjukkan, bahwa persentase rata-rata self-efficcay siswa sebesar 53,015% dan berada dalam rentang 50% self-efficcay dalam belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar (limas). Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukkan bagi guru-guru untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar dan self-efficcay siswa pada materi limas, siswa juga diharapkan mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti juga menyarankan untuk penelitian yang akan datang baiknya untuk meneliti faktor lain selain self-efficcay.


 


 

Kata kunci : Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Self-Efficacy.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Magfira Maulania
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 19-02-2021 10:21
Terakhir diubah : 25-02-2021 03:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=978
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!