INTENSITAS SERANGAN PENGGEREK BUAH KAKAO (CONOPOMORPHA CRAMERELLA. SNELL) DAN KEHILANGAN HASIL TANAMAN KAKAO (THEOBROMA CACAO) DI KECAMATAN PEUNARON KABUPATEN ACEH TIMUR

Fajar Pratama (2021), INTENSITAS SERANGAN PENGGEREK BUAH KAKAO (CONOPOMORPHA CRAMERELLA. SNELL) DAN KEHILANGAN HASIL TANAMAN KAKAO (THEOBROMA CACAO) DI KECAMATAN PEUNARON KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh intensitas serangan hama  penggerek buah kakao dan kehilangan hasil  kakao di Kecamatan Peunaron. Penelitian ini menggunakan metode survei, penentuan sampel dilakukan secara “Purposive”. dilaksanakan di tiga desa yaitu Desa Peunaron Lama, Peunaron Baru dan Bukit Tiga mulai dari bulan Maret 2020 sampai bulan April 2020. Pada masing-masing kriteria kebun yang diamati, persentase dan intensitas serangan hama PBK menunjukan tingkatan yang berbeda. hal ini disebabkan oleh tinggi rendahnya kelembaban kebun yang memicu tingginya aktivitas hama PBK. Rerata persentase serangan dan intensitas serangan hama PBK tertinggi yaitu pada kebun yang tidak dirawat dengan nilai masing-masing 49% dan 23,9% yang terendah yaitu pada kebun yang dirawat secara intensif dengan nilai masing-masing 16,5% dan 4,6%. Rerata intensitas serangan pada seluruh kebun yang diamati yaitu 20,9%. Sedangkan kehilangan hasil akibat meningkatnya intensitas serangan hama PBK mencapai 170,34 Kg/Ha/Tahun.

Kata kunci : Kakao, Penggerek Buah Kakao, Pengendalian Hama Terpadu

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fajar Pratama
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agroteknologi (2021)
Tanggal disimpan : 09-02-2021 11:36
Terakhir diubah : 25-02-2021 15:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=932
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!