ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI LINGKARAN

Kasmeylina Br Sembiring (2021), ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI LINGKARAN. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemecahan masalah merupakan suatu hal yang sangat penting karena salah satu mutu pendidikan adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Dan proses pemecahan masalah merupakan suatu kemampuan dasar yang harus dikuasai siswa. Salah satu tujuan dalam mata pelajaran matematika adalah agar setiap siswa memiliki kemampuan pemecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merencanakan atau merancang strategi pemecahan masalah, menyelesaikan model dan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Sehingga dalam pembelajaran matematika penting untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Saat ini siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika yang mengarah pada berpikir High Order Thinking Skill (HOTS) yaitu siswa menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah dikembangkan selama pembelajaran dalam konteks baru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill( HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kutabuluh yang berjumlah 6 siswa. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Kemampuan pemecahan masalah dapat diketahui dari soal tes berupa soal uraian yang dipadukan dengan hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan tentang kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) pada materi lingkaran. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal level kognitif  hasil revisi Anderson and Krathwohl pada level C4(analisis) 3 siswa mencapai kategori baik yaitu SRW, AOK, dan AR serta 3 siswa hanya mencapai kategori cukup yaitu CDG, GOS,GBG. Pada level C5 (evaluasi) 5 siswa mencapai kategori baik yaitu SRW, AOK, AR, CDG, dan GOS serta 1 siswa hanya mencapai kategori cukup yaitu GBG. Pada level C6 (menciptakan) 4 siswa mencapai kategori baik yaitu SRW, AOK, AR, dan CDG serta 2 siswa hanya mencapai kategori kurang yaitu GOS dan GBG.


 

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, High Order Thinking Skill( HOTS)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Kasmeylina Br Sembiring
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2021)
Tanggal disimpan : 08-02-2021 15:55
Terakhir diubah : 25-02-2021 03:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=928
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!