ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI KARET (HEVEA BRASILLIENSIS,MUEL ARG) RAKYAT DI GAMPONG JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR

Iqbal aqbari (2021), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI KARET (HEVEA BRASILLIENSIS,MUEL ARG) RAKYAT DI GAMPONG JAMBO LABU KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Iqba Aqbari:''Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Karet (Hevea brasilliensis,Muel Arg) Rakyat Di Gampong Jambo Labu Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur". Dibahawah bimbingan Muhammad Jamil dan Supristiwendi. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh luas lahan, tenaga kerja, dan harga terhadap pendapatan usahatani karet perkebunan rakyat di desa jambo labu kecamatan birem bayeun kabupaten aceh timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey. Jumlah petani sampel penelitian ini adalah sebanyak 33 orang petani. Model analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan model analisis linier berganda. Hasil penelitian; Hasil analisisi linier berganda diperoleh persamaan regresi linier yaitu; Y = -17,938+16,489x1+2,392x2+1,669x3. Dengan interprestasi sebagai berikut: Jika harga dan biaya produksi dianggap tetap maka setiap kenaioan luas lahan sebesar 1 hektar menyebabkan pendapatan usahatani karet rakyat meningkat sebesar Rp.16.489.000/Tahun, jika luas lahan dan biaya produksi dianggap tetap makan setiap penambahan harga karet sebesar Rp.1.000/Kg akan menyebabkan pendaptan usahatani karet meningkat sebesar Rp.2.392.000/Tahun dan jika luas lahan dan biaya produksi di anggap tetap, maka setiap penambahan biaya produksi sebesar Rp.1.000.000/Tahun. Pendpatan usahatani karet rakyat di desa jambo labu dipengaruhi oleh luas lahan, harga dan biaya produksi sebesar 81,2%. Sercara serempak (bersama-sama) variabel luas lahan, harga dan biaya produksi berpengaruh sangat nyata terhadap pendapatan usahatani karet rakyat di desa jambo lani. Secara terpisah luas lahan, harga karet dan biaya produksi berpengaruh sangat nyata terhadap pendapatan usahatani karet raykat di desa jambo labu.

Kata kunci : Karet,pendapatan,luas lahan, biaya produksi, harga

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Iqbal aqbari
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2021)
Tanggal disimpan : 04-02-2021 12:04
Terakhir diubah : 25-02-2021 15:57
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=918
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!