ANALISA PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA USAHA BATU BATA DI KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR DENGAN METODE JAM HENTI (STUDY KASUS: UKM BATU BATA PAK SYAHRUDDIN DESA BIREM RAYEUK)

Zahlul Irmi (2021), ANALISA PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA USAHA BATU BATA DI KECAMATAN BIREM BAYEUN KABUPATEN ACEH TIMUR DENGAN METODE JAM HENTI (STUDY KASUS: UKM BATU BATA PAK SYAHRUDDIN DESA BIREM RAYEUK) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

UKM Batu Bata Pak Syahruddin merupakan industri yang bergerak dalam industri manufaktur yang memproduksi batu bata. Waktu kerja yang kurang teratur dapat menyebabkan kekurangan produksi. Dengan waktu kerja yang baik, perusahaan dapat melakukan evaluasi terhadap produksi yang ada, sehingga proses produksi dapat dilakukan dengan efektif dan efisien untuk melakukan proses produksi, pemanfaatan waktu kerja dan perusahaan akan menambah kapasitas produksi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian adalah: Menganalisa waktu standar produktivitas pekerja pada pekerjaan cetak batu bata dengan Metode Jam Henti. Subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha dan tenaga kerja pada industri batu bata secara tradisional di Desa Birem Rayeuk. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah produktifitas tenaga kerja pada industri batu bata di Desa Birem Rayeuk. Adapun jumlah populasi pada industri batu bata secara tradisional adalah 80 orang dari industri batu bata yang ada di Desa Birem Rayeuk. Adapun sampel yang diambil adalah industri batu bata Bapak Safruddin yang berjumlah 5 orang tenaga kerja. Secara garis besar sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Metode yang dipakai dalam menganalisa data adalah: metode kualitatif deskriptif, yaitu setelah data terkumpul data tersebut diklarifikasi kedalam kategori-kategori atas dasar persamaan dan jenis data tersebut, kemudian data tersebut dihubungkan sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Setelah dilakukan analisa 1. waktu standar total setelah analisa dari lima operator tersebut adalah operator 1 (0,539 menit), operator 2 (0,362 menit), operator 3 (0,623 menit) operator 4 (0,656), operator 5 (0,63 menit). 2. Produktivitas kerja operator didasarkan dari waktu standar setelah analisa yaitu Operator 1 (890 man-hours), Operator 2 (759 man-hours), Operator 3 (770 man-hours), Operator 4 (731 man-hours), Operator 5 (761 man-hours).

Kata kunci : Waktu Standar, Jam Henti, Produktivitas

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zahlul Irmi
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 25-01-2021 20:50
Terakhir diubah : 23-03-2021 10:09
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=880
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!