PENGEMBANGAN ALAT PERAGA AYUNAN NEWTON PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

FITRI MAH BENGI (2021), PENGEMBANGAN ALAT PERAGA AYUNAN NEWTON PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Mempelajari ilmu fisika merupakan salah satu hal yang penting di karenakan fisika adalah salah satu ilmu yang paling dasar dari ilmu pengetahuan. Dalam hal ini maka perlunya dilakukan suatu penelitian untuk memudahkan dalam mempelajari ilmu fisika yaitu salah satunya tentang pengembangan alat peraga. Telah dilakukan penelitian Pengembangan Alat Peraga Ayunan Newton Pada Materi Momentum dan Impuls Sebagai Media Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas untuk: (1) mengetahui kelayakan alat peraga Ayunan Newton yang dikembangkan pada materi Momentum dan Impuls sebagai media pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (2) mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan alat peraga Ayunan Newton pada materi Momentum dan Impuls sebagai media pembelajaran fisika di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitin pengembangan (Research and Development) adapun model yang digunakan adalah model pengembangan 4D pada model ini terdiri dari 4 tahap yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). Berdasarkan analisis data: nilai persentase validasi ahli media nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 100% dengan kategori sangat layak, hasil nilai persentase validasi ahli materi nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 96,5% dengan kategori sangat layak, hasil nilai persentase penilaian praktisi lapangan pada media dan buku panduan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 100% dengan kategori sangat layak dan hasil nilai persentase respon siswa yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 95,08% menurut tabel kriteria nilai konversi angket respon siswa hal ini sudah memenuhi kelayakan atau Sangat Menarik dan mendapat respon siswa sangat baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari pengembangan alat peraga Ayunan Newton pada materi Momentum dan Impuls sebagai media pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas sudah sangat layak untuk digunakan hal ini dilihat dari kriteria nilai konversi lembar penilaian

Kata kunci : Ayunan Newton, validasi praktisi lapangan dan respon siswa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FITRI MAH BENGI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2021)
Tanggal disimpan : 25-01-2021 11:58
Terakhir diubah : 25-02-2021 16:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=878
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!