PERENCANAAN KEBUTUHAN KAPASITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAPACITY REQUIREMENT PLANNING (CRP) STUDI KASUS : PT. DOLOMIT PUTRA TAMIANG

Sidik Permana (2021), PERENCANAAN KEBUTUHAN KAPASITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAPACITY REQUIREMENT PLANNING (CRP) STUDI KASUS : PT. DOLOMIT PUTRA TAMIANG. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PT. Dolomit Putra Tamiang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pembuatan Pupuk Dolomit. Jumlah permintaan lebih tinggi bila dibandingkan dengan jumlah produksi. Disebabkan oleh fluktuasi jumlah permintaan yang cenderung meningkat, hal itu terjadi karena adanya kekurangan kapasitas pada stasiun kerja, oleh karena itu perlu dilakukan perhitungan analisis perencanaan kebutuhan kapasitas pada masing-masing stasiun kerja agar dapat diketahui kebutuhan kapasitas perusahaan. Penelitian bertujuan merencanakan kebutuhan kapasitas produksi, menghitung kekurangan/kelebihan kapasitas produksi dan memberikan usulan usaha menyeimbangkan atau mendekati keseim-bangan kapasitas produksi pada PT. Dolomit Putra Tamiang. Penelitian terhadap kapasitas produksi dilakukan dengan menggunakan metode Capacity Requirement Planning (CRP). Hasil penelitian terjadi ketidakseimbangan kapasitas dimana stasiun kerja 1 kelebihan kapasitas sebesar 0,74 jam/minggu, Stasiun kerja 2 kelebihan kapasitas sebesar 22,34 jam/minggu, Stasiun kerja 3 kekurangan kapasitas sebesar 8,86 jam/minggu, dan stasiun kerja 4 kekurangan kapasitas sebesar 14,85 jam/minggu. Dengan analisis menyeimbangkan atau mendekati keseimbangan kapasitas maka dapat ditentukan usaha untuk menyeimbangkan/mendekati keseimbangan kapasitas dengan cara, menjadwalkan lembur selama 3 jam dan penambahan peralatan (mesin) sebanyak 1 unit pada pusat kerja yang kekurangan kapasitas. Sehingga permintaan konsumen dapat terpenuhi sesuai dengan waktu dan jumlah permintaannya.

Kata kunci : Kebutuhan kapasitas produksi, Stasiun kerja, Capacity Requirement Planning (CRP), Peningkatan kapasitas produksi.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sidik Permana
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 20-01-2021 15:50
Terakhir diubah : 25-02-2021 16:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=866
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!