PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER( NHT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SISWA PADA TEMA 7 PRISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 5 LANGSA

Emi Dahayu (2021), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER( NHT ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SISWA PADA TEMA 7 PRISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI KELAS V SD NEGERI 5 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK


      Proses pendidikan sekolah dasar adalah hal yang harus diperhatikan. Rendahnya nilai hasil psikomotor siswa menjadi suatu permasalahan untuk perkembangan keterampilan anak. Solusi yang diberikan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)  pada palaksanaan pembelajaran dikelas.                                                                                                                                      Tujuan utama dari penelitian ini untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar psikomotor siswa pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 5 Langsa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaborasi dan  sebanyak 3 siklus dengan subjek penelitian dengan subjek penelitian 34 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan.                                                                                                                            Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together( NHT) dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa kelas V SD Negeri 5 Langsa. Hal ini dapat dilihat  dari  analisi data hasil belajar psikomotor siswa dalam setiap siklus yang mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan Perbaikan hasil belajar psikomotor siklus I sebesar 54,8%,dengan pelaksanaan pembelajaran baik, mengalami peningkatan di siklus II yaitu 73,3% dengan pelaksanaan pembelajaran sangat baik, dan mengalami peningkatan di siklus III yaitu sebesar 90,6% dengan pelaksanaan pembelajaran sangat baik. Peningkatan sudah memunihi standar KKM di sekolah dan juga sudah memenuhi indikator keberhasilan 75%, hasil penilitian ini menunjukkan peningkatan yang sangat bermakna.                                                          Berdasarkan hasil penelitian, disarakan agar guru SD Negeri 5 Langsa dapat menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) secara berkelanjutan  dalam pembelajaran dikelas-kelas lainnya untuk meningkatkan hasil belajar psikomotor siswa. Bagi siswa Sebaiknya siswa lebih memiliki sikap percaya diri , lebih berani dan aktif serta termotifasi dalam proses pembelajaran pada setiap tema. Seperti pada model pembelajaran kooperatif yang penulis terapkan,karena hasilnya sangat baik dan positif. Bagi peneliti lainnya diharapkan agar dapat menerapkan model – model pembelajaran lainya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together(NHT),hasil belajar psikomotor 

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Psikomotor.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Emi Dahayu
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2021)
Tanggal disimpan : 14-01-2021 16:56
Terakhir diubah : 18-09-2021 20:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=846
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!