USULAN STRATEGI MENGGUNAKAN METODE BLUE OCEAN STRATEGI (BOS) DALAM STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK OLAHAN MANGROVE (STUDI KASUS: KELOMPOK PEREMPUAN KUALA MAJU KUALA LANGSA KOTA LANGSA)

Sri Wahyuningsih (2021), USULAN STRATEGI MENGGUNAKAN METODE BLUE OCEAN STRATEGI (BOS) DALAM STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK OLAHAN MANGROVE (STUDI KASUS: KELOMPOK PEREMPUAN KUALA MAJU KUALA LANGSA KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kelompok Perempuan Kuala Maju merupakan usaha kelompok di bawah naungan pemerintah Gampong dengan memproduksi olahan mangrove yang memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Gampong Kuala Langsa, Kota Langsa. Masalah yang dihadapi yaitu adanya situasi persaingan usaha produk olahan mangrove. Tujuan dari penelitian adalah (1) Mengetahui hasil analisis usaha blue ocean strategy pada usaha Kelompok Perempuan Kuala Maju, (2) Memberikan usulan strategi pemasaran setelah dilakukannya analisis menggunakan metode Blue Ocean Strategy (BOS) pada usaha kelompok perempuan Kuala Maju. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Blue Ocean Strategy (BOS). BOS merupakan rumusan strategi yang mendobrak asumi-asumsi dari strategi konvensional yang bertujuan menciptakan ruang pasar tanpa pesaing sekaligus menjadikan kompetisi menjadi tidak relevan. Hasil Pembahasan, diketahui usaha kelompok perempuan kuala maju berada didalam situasi persaingan samudra merah, dimana faktor-faktor yang menjadi kompetisi yaitu variasi produk dengan nilai rata-rata 4,49, rasa produk dengan nilai 4,1, harga produk dengan nilai 3,45, tenaga kerja dengan nilai 5, kemudahan memperoleh produk dengan nilai  2,69, mesin dan peralataan dengan nilai 3. Usulan strategi pemasaran pada usaha Kelompok Perempuan Kuala Maju yaitu meningkatkan variasi produk, rasa produk, informasi produk, merek, mesin dan peralatan, dan melakukan inovasi produk serta memperhatikan kualitas bahan baku dan proses produksi untuk mendapatkan produk dengan kualitas yang baik. Dapat disimpulkan bahwa usulan strategi akan menimbulkan adanya tambahan biaya yang dikeluarkan, seperti biaya yang digunakan untuk peningkatan kinerja atribut produk, peningkatan variasi produk, rasa produk, hak paten merek, mesin dan peralatan, sehingga usaha perlu meningkatkan modal yang dapat bersumber dari APB Desa dan lain-lain.

Kata kunci : Olahan Mangrove, Inovasi nilai, BOS

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sri Wahyuningsih
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 14-01-2021 08:43
Terakhir diubah : 25-02-2021 16:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=839
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!