PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KACA DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KUALITAS GENTENG DARI TANAH SEDIMENTASI PADA SUNGAI KRUENG LANGSA

MUHAMMAD SOFYAN LUTFI (2020), PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KACA DAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KUALITAS GENTENG DARI TANAH SEDIMENTASI PADA SUNGAI KRUENG LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK KACA DAN
ABU SEKAM PADI TERHADAP KUALITAS GENTENG DARI
TANAH SEDIMENTASI PADA SUNGAI KRUENG LANGSA
 


MUHAMMAD SOFYAN LUTFI
 NIM.14051031
 


Komisi Pembimbing:


 


ELLIDA NOVITA LYDIA, ST, M.Eng
MEILANDY PURWANDITO, ST. MT
 


ABSTRAK


 


Genteng merupakan bagian utama dari suatu bangunan sebagai penutup atap rumah. Fungsi utama genteng adalah untuk menahan panas cahaya matahari dan curahan air hujan. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, saat ini telah banyak digunakan bahan tambahan lain dalam pembuatan genteng, seperti bahan-bahan limbah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan metode pembuatan genteng yang lebih baik dengan memberikan bahan tambahan bubuk silika. Pemanfaatan tanah dan limbah yang akan digunakan pada penelitian ini yaitu tanah sedimentasi dengan limbah kaca dan abu sekam padi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kuat tekan dan daya serap air terhadap genteng tanah sedimentasi, dan mengetahui komposisi terbaik campuran pembuatan genteng yaitu serbuk kaca dan abu sekam padi. Benda uji yang dipakai ialah mortar yang berbentuk persegi  yang terbuat dari tanah sedimentasi dengan campuran serbuk kaca dan abu sekam padi yang telah ditumbuk dengan persentase serbuk kaca 12%, abu sekam padi 0%, 2% , 4%, 6%, dan 8% yang nantinya digunakan untuk menganalisis sifat fisik dan mekanisnya.Pemeriksaan fisik genteng yang dilakukan meliputi sifat tampak dan  ukuran. Pemeriksaan sifat mekanis yang dilakukan meliputi pengujian daya serap air, dan kuat tekan. Hasil analisis yang diperoleh kurang memenuhi kriteria sifat fisik yang ditentukan, sedangkan pemeriksaan sifat mekanis, untuk daya serap air persentase terbesar didapat pada campuran 12% serbuk kaca dan 0% abu sekam padi yaitu 27,35% , sedangkan untuk persentase terkecil didapat pada campuran 12% serbuk kaca dan 8% abu sekam padi yaitu 19,88%. untuk uji kuat tekan persentase terbesar didapat pada campuran 12% serbuk kaca dan 8% abu sekam padi  yaitu 5,987 N/mm2, sedangkan untuk persentase terkecil didapat pada campuran 12% serbuk kaca dan 0% abu sekam padi yaitu 4,013 N/mm2. Dari hasil pengujian ini didapatkan semakin banyak penambahan abu sekam padi maka kuat tekan akan semakin besar.


 


Kata kunci : Genteng , Tanah Sedimentasi, Serbuk Kaca, Abu Sekam padi, Kuat Tekan

Kata kunci : Genteng , Tanah Sedimentasi, Serbuk Kaca, Abu Sekam padi, Kuat Tekan

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUHAMMAD SOFYAN LUTFI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2020)
Tanggal disimpan : 12-01-2021 15:26
Terakhir diubah : 25-02-2021 04:15
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2020
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=836
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!