USULAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINUM DALAM KEMASAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVING (STUDI KASUS: CV. ATHAYA MINERAL, KOTA LANGSA)

Ameilia (2021), USULAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINUM DALAM KEMASAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVING (STUDI KASUS: CV. ATHAYA MINERAL, KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

CV. Athaya Mineral merupakan produsen air minum dalam kemasan dengan nama produk yaitu Tari. Dengan jumlah kapasitas alat angkut yang terbatas maka, CV. Athaya Mineral harus menentukan rute distribusi yang efektif  dan efisien untuk memaksimalkan kapasitas alat angkut agar dapat meminimumkan jarak tempuh dan biaya distribusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh rute distribusi produk Tari yang efektif, efisien dan ekonomis. Metode yang digunakan untuk memperoleh rute distribusi optimal yaitu algoritma clarke and wright saving. Metode algoritma clarke and wright saving merupakan metode untuk meminimumkan jarak atau ongkos dengan mempertimbangkan kendala-kendala yang ada. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perbandingan rute distribusi awal dengan rute distribusi usulan terbaik yang diperoleh pada rute minggu pertama. Rute usulan  pada wilayah Aceh Timur mampu menghemat jarak sebesar 41,01 Km/Minggu dengan efisiensi 32,53% dan menghemat biaya perjalanan sebesar Rp 26.452/Minggu. Rute usulan pada wilayah Aceh Tamiang mampu menghemat jarak sebesar 73,332 Km/Minggu dengan efisiensi 34,75 % dan menghemat biaya perjalan sebesar Rp 47.290/Minggu. Dan rute usulan pada wilayah Kota Langsa mampu menghemat jarak sebesar 91,39 Km/Minggu dengan efisiensi 23,89% dan menghemat biaya perjalan sebesar Rp 58.944/Minggu. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma clarke and wright saving dapat mengurangi jarak tempuh dan menghemat biaya distribusi air minum dalam kemasan pada CV. Athaya Mineral.

Kata kunci : Distribusi, Algoritma Clarke and Wright Saving, Biaya Minimum

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ameilia
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 06-01-2021 14:59
Terakhir diubah : 25-02-2021 15:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=829
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!