PERANCANGAN SISTEM PENJADWALAN PRODUKSI KAOS SABLON DENGAN METODE ERLIEST DUE DATE (EDD) (STUDI KASUS PADA USAHA KONVEKSI NOLABEL SABLON LANGSA)

SURYA AJI PRADANA (2021), PERANCANGAN SISTEM PENJADWALAN PRODUKSI KAOS SABLON DENGAN METODE ERLIEST DUE DATE (EDD) (STUDI KASUS PADA USAHA KONVEKSI NOLABEL SABLON LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

ABSTRAK


        Usaha konveksi Nolabel Sablon Langsa merupakan usaha screen printing yang bergerak pada bidang kaos sablon yang dibuat menurut pesanan pelanggan. Penjadwalan produksi yang digunakan usaha konveksi Nolabel Sablon Langsa adalah secara konvensional. Penjadwalan produksi yang digunakan saat ini memiliki permasalahan yaitu sering terjadi keterlambatan dalam memenuhi target waktu penyelesaian pesanan. Permasalahan keterlambatan terjadi karena prioritas penjadwalan yang digunakan tidak tepat dan perhitungan penjadwalan yang tidak akurat. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode penentuan prioritas pekerjaan dan penjadwalan produksi yang tepat. Metode yang digunakan yaitu Metode Earliest Due Date. Metode Earliest Due Date (EDD) merupakan salah satu metode dalam penentuan prioritas pekerjaan berdasarkan tenggat waktu pekerjaan yang paling terendah. Metode Earliest Due Date (EDD) tersebut kemudian diimplementasikan pada sistem informasi penjadwalan produksi menggunakan aplikasi yang dirancang dengan Microsoft Acces 2007. Sampel yang digunakan adalah data pesanan periode Januari s.d Maret 2020 dengan jumlah sampel sebanyak 20. Hasil yang diperoleh keterlambatan aktual (tanpa menggunakan sistem penjadwalan produksi metode EDD) dari 20 pesanan terjadi keterlambatan pada 6 pesanan dengan rata-rata keterlambatan selama 8 jam, sedangkan dengan sistem penjadwalan produksi metode EDD dari 20 pesanan seluruhnya menghasilkan keterlambatan penyelesaian dibawah 0 jam. Hasil uji paired comparisons (t-test) diperoleh bahwa Metode Earliest Due Date (EDD) dengan aplikasi yang dirancang mampu meminimalkan keterlambatan dalam penyelesaian pesanan pelanggan.


Kata Kunci: Penjadwalan Produksi; Metode Earliest Due Date; Sistem Informasi; Minimasi Keterlambatan; Uji Paired Comparisons(t-test)

Kata kunci : Penjadwalan Produksi, Metode Earliest Due Date, Sistem Informasi, Minimasi Keterlambatan, Uji Paired Comparisons(t-test)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SURYA AJI PRADANA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2021)
Tanggal disimpan : 21-12-2020 10:51
Terakhir diubah : 25-02-2021 16:18
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2021
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=811
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!